Antisipasi Corona, Pemkot Baubau Bentuk TRC – Kendari Pos
Bau-bau

Antisipasi Corona, Pemkot Baubau Bentuk TRC

Roni Muhtar


KENDARIPOS.CO.ID — Suspect virus corona yang dialami salah satu pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palagimata beberapa waktu lalu sempat menimbulkan kepanikan massal masyarakat. Kondisi itu mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau meningkatkan kewaspadaan menyikapi penyebaran virus yang menghebohkan dunia itu. Pemkot membetuk Tim Reaksi Cepat (TRC) penanganan virus corona atau covid-19.

Sekretaris Kota (Sekot) Baubau, Roni Muhtar, menjelaskan, pembentukan TRC melibatkan semua elemen terkait. Tujuannya sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran covid-19. “Jadi semua ini sebagai langkah antisipasi,” ulang Roni Muhtar saat memimpin rapat bersama intansi terkait dia di aula kantor Walikota Baubau, Palagimata, Selasa (10/3). Menurutnya, pembentukan TRC sangatlah penting dan urgen mengingat posisi Kota Baubau sangat strategis.

Daerah itu menjadi tempat persinggahan kapal-kapal dari kawasan Timur Indonesia. “Sekarang SK tim reaksi cepat tengah disiapkan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, TRC sudah siaga di lapangan,” ucapnya.
Selain itu, Roni Muhtar juga meminta pada camat dan lurah melakukan upaya-upaya pendekatan kepada masyarakat tentang cara mengantisipasi penyebaran virus corona. Termasuk sosialisasi dengan penyebaran stiker, spanduk dan bannner yang materinya akan disiapkan Dinas Kesehatan Baubau. “Selain sosialisasi, camat dan lurah diharapkan agar mendekteksi pergerakan dan menindaklanjuti pelaporannya kepada pimpinan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Wahyu, menuturkan, sejak Februari lalu pihaknya telah melakukan langkah antisipasi. Rapat bersama instansi terkait upaya pencegahan dan penanganan virus corona telah dilakukan. “Awal Maret ini, kita juga telah melakukan rapat di jajaran internal Dinas Kesehatan Baubau. Membahas kesiapan antipasi virus corona,” tutupnya.

Secara terpisah, Direktur RSUD Palagimata, Kota Baubau, Nurhaeni Djawa, mengungkapkan sesuai rapat bersama stakeholder pemerintahan, pihaknya siap menjalankan tugas sesuai peran. Ruang isolasi untuk pasien suspect corona telah disiapkan. “Kita punya satu ruang isolasi dengan kapasitas tampung sekira delapan orang,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy