Antisipasi Corona, Pemkab Buton dan Konawe Imbau Warga Terapkan PHBS – Kendari Pos
Nasional

Antisipasi Corona, Pemkab Buton dan Konawe Imbau Warga Terapkan PHBS

Bupati Buton, La Bakry (dua dari kiri) dan Kapolres Buton, AKBP Agung Ramos P Sinaga (kiri) memantau pemeriksaan kesehatan gratis di Takimpo, akhir pekan lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Meski gejala virus Corona (Covid-19) belum ditemukan di Kabupaten Buton dan Konawe, dua daerah itu sudah siaga.
Bupati Buton, La Bakry turun langsung meminta warganya tetap siaga. Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe pun menginstruksikan warga menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Bupati Buton, La Bakry dan Kapolres Buton AKBP Agung Ramos P Sinaga turun bersama melakukan langkah antisipasi. Mulai sosialisasi PHBS sampai pada chek up kesehatan gratis. “Kita sudah koordinasi dengan pihak terkait. Cara terbaik yang kita lakukan adalah mawas diri. Apa yang disarankan WHO dan dinas kesehatan, harus kita ikuti. Intinya perilaku hidup bersih dan sehat,” ujar La Bakry, Minggu (15/3).

Ia mengapresiasi Polres Buton yang membuka posko pemeriksaan kesehatan gratis di kecamatan dan desa. Kegiatan itu kembali dipusatkan di Kekurahan Takimpo Kecamatan Pasarwajo, Sabtu (13/3). Masyarakat dapat memeriksa kesehatan ke tim dokter Polres Buton.

Kapolres Buton AKBP Agung Ramos P Sinaga mengatakan pihaknya mengampanyekan hidup sehat tangkal Corona. Kasus virus corona sebulan terakhir di delapan daerah di Indonesia menjadi ancaman besar bagi negara dan daerah lain. Tidak terkecuali di Buton. Olehnya itu ia mengajak masyarakat di wilayah hukumnya untuk tetap menjaga diri. “Pakai masker, cuci tangan yang bersih. Saya instruksikan semua polsek untuk menggelar sosialisasi PHBS untuk menangkal potensi virus corona,” kata mantan Kapolres Muna itu.

Penerapan PHBS menangkal potensi Covid-19 juga diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, Mawar Taligana. Dia meminta warga Konawe menjaga kebersihan tubuh dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Cara paling ampuh, yakni mencuci tangan sesering mungkin sampai bersih.

Mawar Taligana meminta masyarakat jangan panik pemberitaan seputar penyebaran Covid-19. Gejala Covid-19 itu sebenarnya mirip gejala flu biasa. Hanya jenis virusnya saja yang berbeda. Ketika terinfeksi Covid-19, seseorang akan mengalami gejala seperti demam dan batuk disertai sesak nafas akibat infeksi pada paru-paru. “Selain mengenakan masker, dianjurkan mencuci tangan sampai bersih. Ini sesuai anjuran dari WHO,” ujar Mawar Taligana kepada Kendari Pos, Minggu (15/3) kemarin.

Hanya saja sebagian masyarakat masih belum paham cara mencuci tangan dengan benar. Mencuci tangan yang baik, menggunakan air mengalir dan memakai sabun selama 20 detik. “Jika dalam kondisi tertentu tidak ada air dan sabun, gunakan menggunakan hand sanitizer (pembersih tangan, red) dengan kandungan alkohol 60 persen. Ini efektif membunuh virus Corona,” ungkap Mawar Taligana. (lyn/adi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy