Animo Sensus Penduduk Online di Buton Minim – Kendari Pos
Buton

Animo Sensus Penduduk Online di Buton Minim

La Ode Haris Sumba


KENDARIPOS.CO.ID — Sensus Penduduk 2020 melalui sistem online sudah dimulai sejak 15 Februari lalu. Meski cara itu menawarkan kepraktisan dan kecepatan dalam mengisi data kependudukan, animo masyarakat khususnya di Kabupaten Buton, Buton Tengah dan Buton Selatan masih begitu rendah. Dua pekan berlalu, warga yang melakukan sensus online pada tiga kabupaten itu masih jauh dari target 5 persen untuk setiap daerah.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buton, La Ode Haris Sumba, mengakui, penerapan SP online di Indonesia sifatnya masih uji coba. Sehingga negara hanya memberikan target minimal 5 persen dari jumlah kepala keluarga (KK) di setiap daerah memanfaatkan sensus online tersebut. “Memang baru kali ini diterapkan. Target kita pun hanya 5 persen. Dua minggu ini memang peminatnya masih minim. Tapi waktunya sampai akhir Maret,” katanya, akhir pekan lalu.

Kata La Ode Haris Sumba, khusus di Buton, Buteng dan Busel beberapa penyebab rendahnya animo masyarakat karena infrastruktur komunikasi yang masih terbatas, kualitas sumber daya manusia belum memadai dan kesadaran juga minim. “Faktor-faktor ini memberi pengaruh. Banyak desa-desa yang belum punya jaringan internet, kemudian juga kesadaran,” tambahnya.

Nanti bulan Juli mendatang akan dilakukan sensus manual. Petugas sensus akan mendatangi rumah-rumah penduduk untuk mendata. Menghadapi pendataan itu, April mendatang BPS akan merekrut petugas. “Kita butuh ratusan petugas. Sudah ada Juknis perekrutannya. Insya Allah April sudah dibuka,” tambahnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy