Angkut Anak Sekolah, Pemkab Kolut Siapkan 30 Bus Gratis – Kendari Pos
Kolaka Utara

Angkut Anak Sekolah, Pemkab Kolut Siapkan 30 Bus Gratis

Muh. Idrus

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) memberi kelonggaran penggunaan bus gratis angkutan anak sekolah. Angkutan itu bisa digunakan oleh masyarakat. Akan tetapi, hanya diperbolehkan diluar jam belajar dan untuk kegiatan sosial. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolut, Muh. Idrus menjelaskan, armada angkut anak sekolah bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat luas. Tentunya hal itu harus berdasarkan persetujuan aparat desa masing-masing selaku penanggung jawab pemanfaatan armada itu di wilayahnya. “Jemput-antar anak sekolah dulu. Setelah tugas utamanya selesai, baru boleh digunakan untuk kegiatan lain,” tuturnya, Minggu (8/3).

Pengadaan roda empat tersebut memang dilakukan pemerintah sesuai usulan Pemdes. Olehnya itu, untuk biaya operasional baik BBM dan gaji sopir dianggarkan melalui APBDes dan asuransinya ditangani Dikbud. “Kita berkolaborasi. Karena disadari untuk kemajuan dunia pendidikan, tidak bisa jalan sendiri,” jelasnya.

30 unit yang diadakan Dikbud saat ini sudah dibrending berlabel gratis dan satu per satu diambil masing-masing desa tujuan. Inisiatif itu dilakukan guna memperlihatkan kehadiran pemerintah. Serta memudahkan diawasi masyarakat, baik rute dan maupun penggunaannya. Bupati, Nur Rahman Umar kata Muh. Idrus kembali menginstruksikan menambah 20 unit lagi pada anggaran perubahan mendatang.

Sementara itu, tahun 2021 masih akan diadakan dengan target permintaan 30 unit. “lnsyaallah, akan kami komplitkan hingga 2022, semua desa sudah punya satu mobil yang bisa digunakan secara gratis anak sekolah di semua wilayah,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy