Anggaran Pembangunan Proyek Dialihkan untuk Penanganan Korona – Kendari Pos
Nasional

Anggaran Pembangunan Proyek Dialihkan untuk Penanganan Korona

Petugas PT KAI Daop I Jakarta mencuci kereta dan menyemprotkan cairan disinfektan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.


KENDARIPOS.CO.ID — Wabah korona sudah menjadi bencana nasional. Butuh penanganan ekstra menghadapi virus dengan nama Covid-19 itu. Tak ayal, pemerintah pun mengalihkan alokasi anggaran pembangunan proyek untuk penanganan virus yang sudah menelan beberapa korban jiwa itu.

Pengalihan anggaran itu diinstruksikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, penggunaan anggaran kerja kementerian dapat dialokasikan ke penanganan virus korona.

Salah satunya menahan alokasi anggaran bagi kegiatan-kegiatan perjalanan dinas. Pertemuan-pertemuan harus dikurangi di saat adanya bencana wabah korona.

“Anggaran-anggaran yang berkaitan dengan paket-paket perjalanan dinas dan pertemuan-pertemuan yang tidak perlu agar ditahan terlebih dahulu. Sehingga, anggaran itu diarahkan sebesar-besarnya untuk menolong masyarakat, buruh, petani, nelayan, pekerja, dan usaha mikro dan kecil,” ujar Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barta, Senin (16/3).

Presiden menyampaikan, berdasar data yang dimiliki, terdapat alokasi anggaran sebesar kurang lebih Rp 40 triliun dari paket-paket perjalanan. Anggaran itu dapat diarahkan untuk kebutuhan masyarakat yang lebih mendasar.

“Ada kurang lebih Rp 40-an triliun yang segera nantinya bisa dialirkan untuk program-program yang berkaitan langsung dengan konsumsi masyarakat, dan daya beli masyarakat. Baik itu petani, nelayan, pekerja, buruh, usaha mikro dan kecil. Saya kira arahnya ke situ,” katanya.

Terpisah, Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan anggaran-anggaran yang selama ini diperuntukan untuk pembangunan proyek-proyek bisa dialihkan ke penanganan irus korona.

“Salah satu keputusan rapat kabinet adalah relokasi dana ke arah penyelamatan rakyat. Artinya dana-dana yang selama ini dianggarkan untuk pembangunan proyek-proyek supaya dialihkan dulu untuk kesehatan rakyat dan menyelamatkannya dari Korona,” ujar Mahfud MD dalam akun Twitter resmi miliknya @mohmahfudmd.(jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy