Anggaran Mudik Gratis Dialihkan Pembuatan Alkes – Kendari Pos
Nasional

Anggaran Mudik Gratis Dialihkan Pembuatan Alkes

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengalokasikan dana program mudik gratis untuk anggaran prioritas. Hal ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. Kemenhub mengubah anggaran mudik gratis sebesar Rp 200 miliar untuk pembelian alkes guna memerangi penyebaran virus korona.

Sebelumnya, Kemenhub telah menghapus program itu pada masa Angkutan Lebaran 2020. Langkah ini diambil setelah BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) menetapkan status darurat bencana akibat virus tersebut yang berlaku mulai 29 Februari hingga 29 Mei 2020.

Direktur Jenderal (Dirjen) Hubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan bahwa rencananya anggaran sebesar Rp 200 miliar akan dialokasikan untuk pencegahan virus.

“Alokasi anggaran itu, kita harus lakukan exercise (penerapan) penyisihan 10 persen sekitar Rp 160 miliar, dan kita akan merevisi dan tambah Rp 40 miliar, jadi kita punya anggaran Rp 200 miliar untuk anggaran prioritas,” terang dia dalam Telekonferensi Pers, Jumat (27/3).

Dana itu rencananya akan digunakan untuk membuat alat kesehatan, seperti cairan disinfektan. Diharapkan, langkah ini mampu untuk membantu penyebaran virus di masyarakat.

“Khususnya untuk mencegah penyebaran korona, misalnya pembuatan disinfektan box dan lain-lain, kami juga sudah minta kepada Kepala BPTD (Badan Pengelola Transportasi Darat) untuk membuat lewat dan itu,” katanya.

Kemudian, Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidanh Komunikasi Adita Irawati juga mengungkapkan bahwa insentif penerbangan yang kurang memberikan pengaruh juga akan dialokasikan untuk di refocusing.

“Kami akan melakukan refocusing untuk penyebaran Covid-19 dari aspek perhubungan, misalnya insentif penerbangan, insentif itu kurang relevan ini kami akan usulkan bagaimana ini di refocusing untuk bisa membantu itu (anggaran prioritas). Angka pasti terus dilakukan penghitungan dan kami terus melakukan pencegahan itu,” tutur dia. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy