Ali Mazi Minta Dikbud Edukasi Soal Corona – Kendari Pos
Metro Kendari

Ali Mazi Minta Dikbud Edukasi Soal Corona

Ali Mazi

KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sultra ,Ali Mazi meminta agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan sosialisasi edukasi terkait penyebaran wabah virus corona. Hal itu guna menghindari kecemasan dan kepanikan atas beredarnya wabah, virus corona di Indonesia, khususnya di Indonesia. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun diharapkan mengurangi intensitas keluar daerah jika tidak penting.

“Kalau tidak penting-penting sekali, saya harap OPD tidak usah keluar daerah atau keluar negeri. Kecuali memang agendanya sangat penting, demi kepentingan orang banyak silahkan. Namun tetap harus menjaga kemungkinan-kemungkinan buruk, terlebih soal corona,” tutur Gubernur Sultra Ali Mazi saat ditemui di Rujab Gubernur di Kendari, kemarin.

Di sisi lain, Dikbud melakukan sosialisasi yang dapat mengedukasi masyarakat, khususnya dilingkup sekolah. “Sampaikan kepada sekolah-sekolah, bahaya dan cara untuk mengatasinya. Itu semua untuk menghindari kepanikan-kepanikan masyarakat saat mendapatkan isu atau kabar,” ungkapnya.

Politisi NasDem ini mengungkapkan kepanikan justru akan menghadirkan masalah baru. “Mengatasi corona itu bukan dengan cara panik, membeli masker dalam jumlah besar, kemudain membeli makanan untuk persediaan. Caranya berprilakukan hidup sehat, hidup bersih. Karena kalau tidak hidup sehat dan bersih maka penyakit bukan hanya corona, semua penyakit mungkin akan menimpa,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dikbud Sultra Asrun Lio mengungkapkan telah menginstruksikan secara lisan pihak sekolah melakukan sosialisasi hidup sehat. “Setiap informasi selalu kita sampaikan langsung kepada guru atau kepala sekolah. Hal itu selalu kita sampaikan, agar dapat mengatasi atau mencegah adanya penyebaran virus corona,” tuturnya saat dijumpai di Hotel Claro, Kendari, kemarin.

Asrun Lio menambahkan sosialisai dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekolah agar tidak panik dalam menyikapi suatu persoalan. “Lakukan pembelajaran terkait apa yang terjadi. Apa akar masalah atau penyebabnya, kemudian mencari tahu cara untuk mengatasi atau menangkalnya. Salah satu contoh itu adalah cara hidup sehat. Jangan justru suatu persoalan memicu kepanikan, justru itu akan menimbulkan persoalan yang baru,” ungkapnya.

Anggota Komisi IV DPRD Sultra Sudarmanto Saeka meminta masyarakat Sultra tidak ikut-ikut latah dalam menyikapi virus corona. “Sampai detik ini, Dinas Kesehatan pun menemukan kasus, masyarakat Sultra terjangkit virus corona secara positif. Jangan sampai kita ikut-ikut latah, kemudian ikut memborong masker atau pun sejumlah makanan kemudian dijadikan persidiaan, itu ketakutan berlebihan,” ujarnya.

Politisi NasDem ini pun meminta masyarakat untuk mempercayakan persoalan virus corona kepada pemerintah. “Pemerintah dan stakeholder terkait pasti sudah memikirkan langkah-langkah pencegahan. Jadi, saya harap tidak ada kepanikan yang justru dapat merugikan orang lain,” pungkasnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy