Aktivitas Tambang di Morombo Pantai Disorot – Kendari Pos
Konawe Utara

Aktivitas Tambang di Morombo Pantai Disorot

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas penambangan yang dilakukan CV Unaaha Bakti di Desa Morombo Pantai, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara (Konut) menuai sorotan. Desakan pemberhentian aktivitas perusahaan itu disuarakan Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Konut (IPMKU). “Eksistensi CV Unaaha Bakti dalam melakukan eksploitasi di Konut banyak melanggar peraturan perundang-undangan. Artinya, perusahaan mengabaikan aturan main dalam regulasi pertambangan,” vervi Perwakilan IPMKU, Oscar, kemarin.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah, pihak perusahaan melegalkan aktivitasnya di Desa Morombo Pantai tanpa memperhatikan aturan dalam pertambangan. “Kami mendesak Dinas Kehutanan melakukan investigasi. Dugaan IPMKU, perusahaan belum mengantongi izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH),” tuding Oscar lagi.

Hal lain, perusahaan itu juga disebut tidak memiliki jembatan titian (Jeti). Termasuk belum mengantongi izin tempat penyimpanan sementara limbah bahan berbahaya dan beracun (TPS-LB3). “Berbagai pelanggaran pertambangan yang diduga dilakukan CV Unaaha Bakti kami akan laporkan resmi di Mapolda Sultra,” ancamnya.

Sementara itu Kepala Teknik Tambang (KTT) CV Unaaha Bakti, Afdal yang dikonfirmasi, enggan berkomentar banyak terkait sorotan tersebut. “Mohon maaf, untuk masalah pekerjaan, ranahnya dengan Humas. Untuk legalitas sebetulnya bisa ditanyakan langsung ke instansi pemerintah. Seperti IPPKH kami, ada di Dinas Kehutanan Provinsi Sultra. Kalau persoalan administrasi, itu kewenangan Humas,” jawab Afdal. Sayangnya, Humas CV Unaaha Bakti, Nur yang coba dikonfirmasi belum berhasil dihubungi. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy