Akibat Wabah Covid-19, Okupansi Hotel di Sultra Anjlok – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Akibat Wabah Covid-19, Okupansi Hotel di Sultra Anjlok

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah tamu yang menginap di hotel dan tempat penginapan di Sulawesi Tenggara (Sultra) turun drastis akibat wabah Corona Virus Desease (Covid-19). Pandemi global ini menyebabkan tingkat hunian atau okupansi hotel di Sultra  tinggal 20 persen. Padahal, Desember 2019 berdasarkan rilis data Badan Pusat Statistik Sultra, tingkat okupansi mencapai 53,65 persen.

Eko Dwi Sasono

“Mulai 17 Maret 2020, okupansi hotel hanya mencapai 10 sampai 20 persen. Ini diperkirakan akan menurun 5 sampai 10 persen,” ungkap Sekretaris Umum Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sultra, Eko Dwi Sasono kepada Kendari Pos, Selasa (17/3). 

Menurutnya, angka tersebut menjadi yang terparah dalam lima tahun terakhir. Penyebabnya, banyak kegiatan yang sudah diagendakan terpaksa dibatalkan. “Banyak event cancel. Pemasukan yang harusnya sudah on hand jadi postponed (tertunda). Hal ini menjadi kecemasan bagi PHRI mengingat belum ada kepastian kapan masalah Covid-19 akan berakhir,” imbuhnya. 

Bahkan, kata dia, hotel sudah mengantisipasi dalam waktu dekat akan meliburkan tenaga kerja dengan alasan tidak sanggup menggaji karyawan. “Masih akan dilihat seperti apa kondisi kedepan. Kalau diliburkan berarti tidak digaji. Pemasukan hotel menurun cukup signifikan. Total kerugian kami belum hitung yang pasti cukup besar,” imbuhnya. PHRI, kata dia, berharap ada kebijakan free tax (pembebasan pajak) untuk usaha perhotelan minimal enam bulan. Pemerintah diharapkan bisa membuat stimulus sebagaimana daerah-daerah terdampak lainnya.

Ia juga mengeluhkan langkanya disinfektan dan hand sanitizer. Padahal, hotel-hotel di Sultra menerapkan standard operational prosedure (SOP) guna mencegah penyebaran Covid-19 “Hotel sudah bekerja lebih dulu dengan SOP. Membersihkan dapur, ruang makan, kolam, dan sarana umum lainnya. Tapi sekarang barang itu mau didapatkan di mana? Di satu sisi pemerintah menyarankan kita harus memastikan kesterilan fasilitas umum, sayangnya alat pendukung tidak tersedia,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy