9.684 Siswa SMK se Sultra Ikut UNBK – Kendari Pos
Edukasi

9.684 Siswa SMK se Sultra Ikut UNBK

Siswa SMKN 2 Kendari sedang melaksanakan UNBK, Senin (16/3).

KENDARIPOS.CO.ID — Merebaknya penyebaran corona virus (Covid-19) di sejumlah daerah di tanah air, rupanya tak menyurutkan niat 9.684 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan Senin 16-19 Maret 2020. Bahkan, ujian berbasis digital yang diselenggarakan 153 sekolah kejuruan di Bumi Anoa tersebut nyaris tanpa kendala yang berarti.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio menuturkan bahwa di hari pertama pelaksanaan UNBK berlangsung lancar. Tidak ada masalah, baik itu terkait dengan jaringan maupun server. “Seluruh SMK itu sebelumnya sudah melakukan beberapa kali uji coba pelaksanaan UNBK. Sehingga, ketika pelaksanaan yang sesungguhnya sudah tidak terdapat kendala, karena sudah diantisipasi sebelumnya,” ungkapnya pada Kendari Pos, Senin (16/3).

Pihaknya juga menuturkan bahwa pelaksanaan UNBK SMA di Sultra dihelat 100 persen berbasis komputer, dengan empat Mata Pelajaran (Mapel) yang diujikan seperti, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris serta Mapel Kejuruan masing-masing. “Seperti tahun lalu, proses UN SMK semuanya berbasis komputer,” tuturnya.

Diakuinya, peserta UNBK SMK terbanyak diikuti oleh siswa dari Kota Kendari dengan jumlah peserta ujian sekitar 1.989 siswa dengan total 19 sekolah. “Yang kedua dengan peserta terbanyak berasal dari Kota Baubau dengan peserta sebanyak 1.066 peserta,” tuturnya.

Menurut Asrun Lio, terdapat beberapa peraturan yang diberlakukan oleh satuan pendidikan dalam proses UNBK. Diantaranya tidak saling bersentuhan dengan teman, selama proses UNBK berlangsung. “Semoga dengan pelaksanaan UNBK terakhir ini berlangsung dengan sukses hingga akhir, dan seluruh peserta ujian bisa memperoleh hasil yang terbaik dan terhindar dari corona virus yang saat ini merebak di sejumlah daerah,” pungkasnya.

Terkait antisipasi penyebaran corona virus, Kepsek SMKN 1 Kendari Drs. Ali Koua saat di temui di SMKN 1 Kendari, (16/3) kemarin, mengaku telah mengantisipasinya. “Awal masuk informasi ini siswa sempat merasa khawatir karena ini penyebaran sangat cepat, tetapi setelah ada informasi melalui media cetak, dll, tidak perlu dikhawatirkan karena pemerintah sudah menyiapkan fasilitas untuk pencegahan, dan kami juga sudah melakukan berbagai antisipasi seperti kami menyiapkan tisu-tisu di setiap ruangan dan juga sabun pencuci tangan, serta di kantin untuk selalu menyiapkan makan yang bersih dan terjaga kesehatannya,” bebernya.

Ia mengungkap pihaknya senantiasa mengingatkan warga sekolah untuk tetap tenang dan waspada akan hal tersebut, karena dengan berbagai pencegahan yang dilakukan in syaa Alloh bisa terhindar dari virus yang hingga kini belum ada obatnya itu,” terangnya. Sambil menyebutkan tercatat 473 siswanya mengikuti UNBK. Ujian terbagi dua sesi yaitu sesi pertama dari jam 7:30 sampai 9:30, dan sesi 2 mulai jam 10:00 sampai 12:00 Wita dengan menggunakan 275 komputer. Dalam pelaksanaan ujian ini tidak mengalami hambatan, berjalan sesuai yang diharapkan. (b/idh/m5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy