53 Ormas di Kolaka akan Diverifikasi – Kendari Pos
Kolaka

53 Ormas di Kolaka akan Diverifikasi

Wardi

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk menertibkan organisasi masyarakat (Ormas) yang ada di Kabupaten Kolaka, maka pemerintah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol) akan melakukan verifikasi. Tercatat ada 53 Ormas yang ada di Bumi Mekongga akan kelengkapan administrasi lembaganya segera diperiksa.
“Kami akan cek semua berkasnya, seperti surat keterangan terdaftar (SKT). Apakah sudah habis masa berlakunya atau belum. Jika ada berkas yang tak lengkap, maka kami akan berikan lagi kesempatan untuk melengkapi selama tiga bulan,” kata Kepala Kesbangpol Kolaka, Wardi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/3).

Pria yang juga menjabat sebagai Plt Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setkab Kolaka itu menambahkan, kegiatan verifikasi tersebut rutin dilakukan pihaknya, dua kali dalam setahun. Selain kelengkapan administrasi, pihaknya juga akan verifikasi sekretariat dan susunan kepengurusan Ormas. “Sekretariat Ormas itu harusnya punya plang, meja tamu, kursi dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, susunan kepengurusannya juga harus jelas. Apakah anggotanya masih aktif atau tidak,” ujarnya.

Wardi mengatakan, ormas yang tidak memiliki kelengkapan berkas dan syarat lainnya atau tidak memenuhi syarat saat verifikasi, maka Ormas tersebut tidak dapat menjalankan programnya. Dengan demikian maka Ormas tersebut tak dapat menjalankan kegiatan karena tidak terdaftar. “Jadi Ormas itu diakui kalau SKT-nya masih berlaku dan itu pengurusannya mudah. Bisa dilakukan secara online. Olehnya itu kami menghimbau kepada seluruh ormas agar melengkapi seluruh persyaratan sehingga dapat dengan nyaman menjalankan program kerjanya,” imbuhnya. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy