476 Siswa SMA Sederajat di Kendari Adu Kemampuan Bidang Sains – Kendari Pos
Edukasi

476 Siswa SMA Sederajat di Kendari Adu Kemampuan Bidang Sains

Sebelum mengikuti Kompetisi Sains Nasional, siswa SMA sederajat tampak mengikuti pengarahan di pelataran SMAN 4 Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 476 siswa di Kota Kendari bersaing dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kota Kendari. Ajang yang diikuti oleh seluruh SMA/MA se Kota Kendari ini, telah berlangsung pada 10 Maret 2020 yang dipusatkan di SMAN 4 Kendari.

Ketua Panitia KSN tingkat Kota Kendari, Abdul Basit menuturkan KSN ini bertujuan untuk mencari bibit andal dibidang mata pelajaran, guna diperlombakan pada tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga nasional. “Kompetisi yang diikuti oleh seluruh SMA/MA se Kota Kendari ini berlangsung setiap tahun, dengan harapan menumbuhkan jiwa kompetisi siswa dalam bidang sains untuk meningkatkan kemampuanya,” ungkapnya pada Kendari Pos, Rabu (12/3).

Dijelaskan bahwa sembilan Mata Pelajaran (Mapel) yang dilombakan dalam ajang ini yakni, Matematika, fisika, kimia, biologi, geografi, ekonomi, kebumian, astronomi dan ilmu komputer. “Saat ini kita tengah melakukan penilaian, Insyaa Allah besok atau lusa akan kita umumkan juaranya untuk mewakili Kota Kendari pada ajang KSN tingkat Provinsi nanti,” tutur Basit.

Diakuinya, antusias peserta dalam mengikuti KSN tahun ini sangat tinggi. Hal ini menunjukan bahwa jiwa kompetisi dari anak-anak Kota Kendari perlu untuk diapresiasi dengan menyediakan wadah untuk mengadu kemampuanya melalau kompetisi ditingkat daerah bahkan internasional. “Jadi setiap sekolah itu mengirimkan delegasinya minimal satu orang per mata pelajaran,” katanya.

Ia pun berharap dari 400 lebih siswa yang ikut dalam KSN ini akan menjadi duta Sultra untuk mengikuti kompetisi ajang nasional, untuk beradu kemampuan dengan perwakilan dari seluruh Provinsi yang ada di Indonesia. “Anak-anak kita punya potensi yang besar dalam bidang sains. Untuk itu, saya berharap ada siswa kita yang bisa meraih juara pada ajang nasional,” terangnya.

Tahun lalu delegasi Sultra yang berasal dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari sukses mengharumkan nama Sultra dengan meraih perunggu pada ajang KSN tingkat nasional. Untuk itu, prestasi yang telah ditorehkan salah satu putra daera Kendari bisa kembali terulang dengan raihan prestasi yang lebih baik tentunya. Sebagai informasi, kompetisi KSN ini dihelat serentak di seluruh Indonesia dengan sembilan mata pelajaran yang dilombakan. (b/idh/m5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy