36.000 Mahasiswa UHO Ikuti Kuliah Daring – Kendari Pos
Edukasi

36.000 Mahasiswa UHO Ikuti Kuliah Daring

Mahasiswa Universitas Halu Oleo saat mengikuti kegiatan pendidikan karakter, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak ditiadakanya aktivitas perkuliahan di Universitas Halu Oleo (UHO) secara tatap muka tanggal 16 Maret-6 April 2020 akibat pandemi Virus Corona atau Covid-19 pada berbagai daerah di Indonesia, termasuk Sultra. Sebanyak 36.856 mahasiswa aktif di Kampus Hijau tersebut mengikuti pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) yang dilakukan oleh dosen mata kuliah masing-masing.

Wakil Rektor I UHO, Dr. La Hamimu menuturkan bahwa pemberlakuan kuliah Daring ini berdasarkan imbauan dari pimpinan Universitas, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, sejak ditiadakanya pembelajaran di UHO secara tatap muka. “Sejak awal penetapan aktivitas proses belajar mengajar secara tatap muka ditiadakan sementara, maka pak rektor mengimbau secara tegas kepada seluruh dosen untuk melakukan pembelajaran online bagi seluruh mahasiswa,” tuturnya saat dihubungi oleh Kendari Pos, Selasa (24/3) lalu.

Pembelajaran Daring dimaksudkan untuk memberikan ruang bagi seluruh mahasiswa aktif UHO supaya tetap belajar dan melakukan proses perkuliahan di rumah masing-masing. “Jadi saat ini proses perkuliahan Daring terus berlangsung. Untuk mekanismenya tergantung dari dosen mata kuliah masing-masing,” tuturnya.

Menurut La Hamimu, untuk UHO pembelajaran secara online sudah beberapa fakultas yang melaksanakan sejak dulu, sebelum bencana covid- 19 ini mewabah. Sehingga, untuk mekanismenya kampus yang berdiri sejak 1964 ini cukup siap menghelat kuliah Daring untuk sementara waktu. “Saat ini kan cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk melaksanakan perkuliahan secara Daring ini. Apa lagi UHO juga memiliki aplikasi yang bisa digunakan dalam pembelajaran online oleh dosen dan mahasiswa yakni SPADA,” tuturnya.

Sebenarnya, terkait pembelajaran Daring ini, UHO memiliki fitur khusus yang bisa digunakan oleh para dosen dan mahasiswa saat melaksanakan perkuliahan online. Bahkan apabila dosen menggunakan aplikasi ini, maka secara otomatis proses perkuliahan yang dilakukan bisa terpantau sistem. “Tapi saat ini , kita masih bebaskan para dosen menggunakan sistem apa yang mereka gunakan dalam proses pembelajaran Daring. Yang terpenting mereka tetap melakukan proses belajar mengajar meskipun tidak begitu optimal, yang dikarenakan ada beberapa kendala yang terjadi dilapangan,” terangnya.

Pihaknya juga berharap, agar seluruh mahasiswa UHO bisa seluruhnya melaksanakan perkuliahan Daring ini. Sehingga, dampak Covid-19 ini tidak terlalu berpengaruh anak-anak muda Sultra yang berkuliah di UHO dalam menuntut ilmu. “Meskipun saat ini, ada beberapa mahasiswa kita yang pulang kampung. Namun, kita berharap mereka tetap bisa mengikuti proses perkuliahan Daring ini,” tungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy