33.287 Siswa SMA di Sultra Siap Ikuti UNBK, Dihelat 30 Maret-2 April – Kendari Pos
Edukasi

33.287 Siswa SMA di Sultra Siap Ikuti UNBK, Dihelat 30 Maret-2 April

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra mencatat sebanyak 33.287 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun pelajaran 2020/2021 siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jumlah siswa tersebut tersebar dari 407 SMA yang ada di Sultra.

Siswa SMAN 5 Kendari saat mengikuti simulasi UNBK, beberapa waktu lalu.

“Hal ini sesuai dengan hasil gladi yang telah dilaksanakan di seluruh sekolah dan hasilnya sangat memuaskan,” terang Plt. Kepala Dikbud Sultra Asrun Lio saat dihubungi Kendari Pos, Minggu (22/3).

Diakuinya, untuk Jumlah sekolah yang sudah siap mengikuti UNBK tahun 2020 ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Sebab, tahun ini peserta UNBK yang sudah siap sebanyak 90 persen sedangkan tahun lalu hanya sekitar 85 persen. “Untuk memperlancar pelaksanaan UNBK tahun ini, pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan penyedia layanan jaringan internet,” tuturnya.

Persiapan pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMA di Sultra terus digodok oleh satuan pendidikan masing-masing. Bahkan, dari beberapa bulan lalu, masing-masing sekolah telah memberlakukan kelas tambahan bagi siswa yang duduk dibangku kelas XII. “Seluruh sekolah sudah siap melaksanakan UNBK. Baik itu dari kesiapan sarana prasarana seperti komputer, jaringan, server hingga mental dari seluruh peserta ujian,” terangnya.

Saat disinggung terkait jadwal pelaksanaan UNBK SMA di Sultra akibat pandemi Covid-19 di Sultra tidak mempengaruhi jadwal pelaksanaan UNBK pada 30 Maret-2 April 2020. “Jadwalnya tetap sama. Mewabahnya Covid-19 di Sultra ini tidak mempengaruhi jadwal pelaksanaan UNBK,” katanya.

Akademisi UHO ini juga menuturkan terkait mekanisme pelaksanaan UNBK yang jatuh pada 30 Maret akan dilaksanakan dengan berbagai syarat yang harus diikuti oleh seluruh peserta UNBK. Seperti, sebelum masuk ruang ujian peserta terlebih dahulu diharuskan untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer, tidak boleh bersentuhan dengan sesama teman bahkan jarak saat mengerjakan soal UNBK juga ditentukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kemendikbud. “Seluruh siswa yang akan mengikuti UNBK untuk terus mempersiapkan diri. Dengan memanfaatkan portal pembelajaran yang disiapkan oleh Kemendikbud melalui portal Rumah Belajar,” tungkasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy