31 Maret, Aktivitas Panwascam dan PPL Mulai Dinonaktifkan – Kendari Pos
Politik

31 Maret, Aktivitas Panwascam dan PPL Mulai Dinonaktifkan

Hamiruddin Udu

KENDARIPOS.CO.ID — Beberapa tahapan Pilkada ditunda. Moratorium kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) telah dilakukan. Aktivitas Panwascam dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) Desa dan Kelurahan juga akan dinonaktifkan mulai 31 Maret. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membuat kebijakan untuk membekukan aktivitas badan ad hoc it hingga KPU melanjutkan kembali tahapan Pilkada yang ditunda. Karena itu, pengawasan akan fokus pada kampanye di sosial media (Sosmed) dan netralitas aparatur sipil negara (ASN).

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu mengatakan meskipun Panwascam dan PPL dinonaktifkan, bukan berarti semua pengawasan akan berhenti. Pengawasan jalanya tahapan Pilkada akan terus dilakukan. Terutama dengan netralitas ASN, misalnya kampanye di ruang-ruang sosmed.

Karena itu, ia meminta masyarakat melaporkan secara online melalui aplikasi bernama Gowaslu bila melihat atau menemukan ASN yang diduga tak netral. Hal itu untuk memudahkan publik melaporkan dugaan pelanggaran Pilkada.

Ia mengatakan Bawaslu kabupaten/kota tetap bekerja melakukan tugas-tugas pengawasan. “Kita kerja dari rumah selama virus covid-19 ini merebak. Kita utamakan keselamatan. Karena itu kita pantau dan membuka ruang buat masyarakat melaporkan ketika menemukan atau melihat gerak-gerik ASN yang mengkampanyekan calon kepala daerah tertentu secara langsung atau melalui Sosmed,” ungkap Hamiruddin saat dihubungi, kemarin (29/3).

Sejauh ini, kata dia, 63 ASN yang dilaporkan atas dugaan melanggar netralitas ASN di momen Pilkada. Ada temuan Bawaslu, ada juga laporan masyarakat. Kasus itu sebagian telah direkomendasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). (m3/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy