3.506 CMB Berebut Masuk di IAIN Kendari, Jalur SPAN Kuota Hanya 472 – Kendari Pos
Edukasi

3.506 CMB Berebut Masuk di IAIN Kendari, Jalur SPAN Kuota Hanya 472

Wakil Rektor I IAIN Kendari Dr. Husain Insawan, saat memantau tes masuk di IAIN Kendari, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 3.506 pendaftar memilih Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SPAN PTKIN) yang akan diumumkan pada 10 April mendatang. Ribuan pendaftar tersebut tengah harap-harap cemas menunggu pengumuman. Pasalnya, kuota yang disediakan pada jalur SPAN hanya 472. Itu artinya 3.034 siswa akan dinyatakan gugur masuk pada institusi yang dinakhodai Prof. Dr. Faizah Binti Awad tersebut.

Wakil Rektor I IAIN Kendari Dr. Husain Insawan menuturkan bahwa jumlah pendaftar di IAIN Kendari melalui jalur yang dibuka secara nasional ini cukup banyak dan jauh melebihi kuota yang tersedia. “Kuota IAIN pada jalur SPAN ini hampir 500 Maba saja. Sedangkan pendaftarnya hampir mencapai angka 4000,” tuturnya.

Untuk itu pihaknya menuturkan bahwa Calon Mahasiswa Baru (CMB) yang belum tercover masuk di IAIN Kendari melalui jalur SPAN, masih bisa mendaftar menggunakan jalur Ujian Mandiri yang juga serentak dilakukan diseluruh Indonesia pada 15 April mendatang, atau siswa juga bisa mendaftar melalui jalur Ujian Madiri Lokal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang akan dibuka pada 2-23 Juni 2020. “Bagi yang belum lulus pada jalur SPAN, masih ada kesempatan yang dibuka untuk menuntut ilmu di kampus biru ini, tinggal dipilih ingin menggunakan jalur yang mana,” tuturnya.

Dilihat dari sebaran pendaftar, para pelamar tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia dengan pilihan studi yang berbeda-beda. “IAIN Kendari memiliki 19 Prodi, memiliki berbagai fasilitas sarana prasaran yang memadai seperti gedung perkuliahan yang eksklusif dan representatif, perpustakaan digital dengan Ebook store lengkap, media pembelajaran LCD dan infokus serta beberapa laboratorium yang menunjang perkuliahan mahasiswa IAIN Kemdari,” imbuhnya.

Diakui dirinya, untuk tahun akademik 2020/2021 ini, IAIN Kendari membuka kuota Maba sebanyak 2.360 dengan rincian, jalur SPAN PTKIN menyediakan kuota 472, UM PTKIN 1.180, sedangkan UL PTKIN 708 kursi. “Kuota ini berdasarkan kapasitas kampus dan rasio dosen yang ada di IAIN Kendari,” tandas Ketua Panitia Lokal UM-PTKIN IAIN Kendari. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy