25 Warga Konsel Dalam Pemantauan Corona – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

25 Warga Konsel Dalam Pemantauan Corona

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Gugus Tugas penanganan Covid-19 mengeluarkan data sejumlah warga masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP).
Berdasarkan data yang ada, tercatat 25 warga dari beberapa kecamatan dinyatakan dalam pemantauan virus corona. Hal tersebut dibenarkan oleh ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19, Sjarif Sajang, saat dikonfirmasi Kendari Pos, (23/3/2020). “Benar, saya baru terima data dari BLUD RS Konsel, awalnya sekitar 20, tidak lama menyusul data baru sehingga total hingga saat ini berjumlah 25 warga yang masuk ODP,” ungkapnya.

Kata dia, sejumlah warga yang dilaporkan ODP tersebut berdasarkan informasi dari Kecamatan dan Puskesmas setempat bahwa yang bersangkutan baru datang dari berbagai daerah. Seperti Bandung, Jakarta, bahkan ada yang baru datang dari luar negeri seperti warga di kecamatan Lalembuu baru tiba dari Malaysia. “Atas riwayat itulah mereka yang memang baru melakukan pemergian dari daerah-daerah pandemi Corona, sehingga kita tetapkan sebagai ODP Corona,”ungkapnya.

Usai menerima laporan tersebut, pihaknya langsung berkordinasi dengan tim teknis untuk upaya percepatan penanganan dan pencegahan virus mematikan itu. “Jadi tadi kita sudah cek ruangan isolasi yang disiapkan Pemda, di BLUD RS Konsel. Ada 4 ruangan 9 tempat tidur di BLUD RS Konsel. SDM kita siapkan, yakni dokter ahli dan perawat, termasuk logistik dan obat-obatan, hanya yang masih kurang alat pelindung diri (APD),” imbuhnya.

Disisi lain, pihaknya telah berkordinasi dengan pemerintah di kecamatan mana kala terjadi hal yang mencurigakan, agar segera melaporkan kepada tim teknis untuk penanganan medis. “Pak Bupati juga sudah mengintruksikan para camat agar tidak menggelar kegiatan pertemuan, dan acara keagamaan yang dapat menimbulkan interaksi banyak orang,” sambungnya.

Kemudian soal pasar di beberapa desa agar tidak menimbulkan kepanikan, lanjut dia, tetap buka namun ada sosialisasi yakni dengan memasang baleho sosialisasi penerapan pola hidup sehat.

Sementara itu, Wakil Bupati Konsel Arsalim langsung memimpin Rapat gugus penanggulangan Covid-19 di Aula Dinkes Konsel. “Ada beberapa poin yang kita tegaskan, yakni pengecekan rumah sakit dan ruang isolasi serta ketersediaan peralatan tenaga medis dan obat-obatan,” sebutnya.

Kedua, lanjut dia, sinergi bersama Polri dan stakeholder dalam mengawasi dan mengimplementasikan perintah presiden, Mendagri, Kalpolri dan bupati Konsel. “Mengawasi ketersediaan distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat, menghimbau kepada seluruh pelaku usaha di Konsel untuk bahu membahu membantu fasilitas ketersediaan alat yang dibutuhkan,” tegasnya. (kam)

Wilayah ODP di Konsel
Kecamatan Lalembuu 2 orang.
Kecamatan Baito 1 orang
Kecamatan Benua 1 orang
Kecamatan Andoolo Barat 5 orang
Kecamatan Konda 4 orang
Kecamatan lainea 1 orang
Kecamatan Palangga 1 orang
Kecamatan Ranomeeto 4 orang
Kecamatan Tinanggea 1 orang
Kecamatan Wolasi 5 orang.
Total 25 orang.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy