240 Ribu PKM Terima Bantuan PKH – Kendari Pos
Metro Kendari

240 Ribu PKM Terima Bantuan PKH

KENDARIPOS.CO.ID — Penerima bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) mengalami peningkatan. Tahun ini, sebanyak 240 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan program Kementerian Sosial (Kemensos). Tidak hanya menekan angka kemiskinan, namun juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kelompok masyarakat miskin.

“Alhamdulilllah, penerima PKH tahun 2020 meningkat. Hanya saja, saya kurang tahu angka pastinya. Tapi tahun ini, kita kebagian kuota 240 ribu KPM,” beber Armunanto, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sultra akhir pekan lalu.

Besaran bantuan yang disalurkan tiap KPM kata dia, berbeda. Jumlahnya disesuaikan dengan penerima bantuan. Namun tiap KPM dibatasi hanya empat penerima. Bila dalam sebuah keluarga, ada ibu hamil, anak SD s.d SMA dan Lansia, mereka bisa mendapat bantuan secara full. Jika hanya dua yang penuhi syarat, maka hanya dua penerima bantuan.

“Intinya, maksimal empat jiwa. Jika lebih dari empat jiwa, maka akan ada satu yang dicancel sesuai bantuan terbesar yang akan disalurkan,” jelas mantan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sultra ini.

Untuk kategori ibu hamil sambungnya, sebesar Rp 1,5 juta, Lansia Rp 2 juta sementara pelajar bervariasi dan disesuaikan dengan tingkatan pendidikannya. Penyaluran PKH dilakukan secara bertahap. Proses pencairannya menggunakan kartu elektronik yang dibagikan kepala setiap KPM.

“Dana tersebut dicairkan dalam tiga tahap. Dimana harus digunakan sebaik-baiknya, baik untuk kelengkapan fasilitas pendidikan anak, kesehatan atau sebagai tambahan modal kerja,” katanya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy