229 KPM di Baubau tak Lagi Terima PKH – Kendari Pos
Bau-bau

229 KPM di Baubau tak Lagi Terima PKH

Hasruddin Mukmin

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah masyarakat Kota Baubau kategori kurang mampu mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Sesuai data yang tercatat di Dinas Sosial, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di Kota Baubau sebanyak 5.510. Dari jumlah itu sebanyak 229 KPM telah di graduasi atau dikeluarkan dari peserta PKH. Alasannya, KPM tersebut dinilai telah mandiri atau tak lagi berada dalam belenggu kemiskinan.

“Kita graduasi karena sudah tidak lagi memenuhi komponen sebagai KPM program PKH. Baik itu dari strata kesejahteraan sosial, kesehatan dan pendidikan. Mereka sudah dapat hidup mandiri,” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Baubau, Hasruddin Mukmin, Jumat (13/3). Komponen lain yang menjadi tolak ukur proses graduasi KPM PKH adalah, sudah memiliki penghasilan tetap. Misalnya terangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil. Kemudian sudah masuk ketegori ekonomi mampu dengan pekerjaan yang dimiliki. Ada juga ditemukan sebagai KPM PKH ganda. “Makanya kita dapatkan 229 KPM yang kita graduasi,” katanya.

Proses graduasi terhadap KPM PKH yang dilakukan Dinsos Baubau dengan verifikasi lapangan. Peserta PKH dipantau melalui tim pendamping. Akan tetapi ada juga KPM yang realistis dan melaporkan diri sendiri untuk mundur dari kepesertaan PKH dengan alasan telah mampu. “Pernah ada dua orang KPM PKH dari Kelurahan Palabusa yang minta mundur sendiri. Tanpa validasi dari tim Dinsos mereka langsung datang melapor untuk urung dari peserta PKH. Itu karena mereka telah mandiri dengan usahanya,” terang Hasruddin Mukmin.

Dua warga yang minta keluar dari KPM PKH, karena menganggap sudah mampu dan berpikir masih ada masyarakat yang lebih membutuhkan. Kemudian selama menjadi peserta PKH, mereka merasakan betul manfaat bantuan dari pemerintah. “Akhirnya dapat mandiri, satunya menjadi penjual Sembako dan satunya lainnya berdagang bahan bangunan. Mereka berhasil keluar dari garis kemiskinan,” ucapnya. Harapan Hasruddin, banyak KPM yang punya pemikiran untuk berusaha hidup mandiri dengan bantuan PKH. Sehingga bisa memperbaiki status sosial ekonomi mereka. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy