21 Siswa MA Asy-syaf’iyah Ikut UAMBN BK – Kendari Pos
Edukasi

21 Siswa MA Asy-syaf’iyah Ikut UAMBN BK

Siswa MA Asy-syaf’iyah saat mengikuti prosesi UAMBN BK.

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 21 siswa Madrasah Aliyah (MA) Asy-syaf’iyah Kendari telah mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berbasis Nasional dengan menggunakan Komputer (UAMBN-BK). Ujian yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia ini, dilaksanakan sejak 9-11 Maret 2020.

Ketua Yayasan Asy-syaf’iyah Kendari, Dr. H. Abdul Muis mengungkapkan bahwa UAMBN BK yang diikuti siswanya tersebut berlangsung sukses dan tanpa kendala. Tercatat sebanyak 21 siswa mengikutinya dengan penuh semangat dari hari pertama sampai di hari terakhir,“ tuturnya saat ditemui oleh Kendari Pos disela- sela pelaksanaan UAMBN BK pada Rabu, (11/3).

Untuk itu, mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sultra ini berharap, agar hasil dari UAMBN BK yang dilaksanakan oleh seluruh siswa MA Asy-syaf’iyah ini bisa mendapatkan hasil yang terbaik. “Pelaksanaan UAMBN yang berbasis komputer sudah pernah kita laksanakan sebelumnya. Sehingga, pelaksanaan ujian dengan menggunakan komputer tidak lagi kaku diterapkan,” tuturnya.

Diakui pihaknya, yayasan Asy-syaf’iyah Kendari terus dibiasakan untuk mengenal teknologi dalam proses belajar mengajar. Sehingga, ketika aturan pemerintah yang mengharuskan satuan pendidikan menghelat UAMBN dengan menggunakan komputer seluruh warga sekolah sudah bisa langsung menerapkan. “Alhamdulillah ujiannya berjalan lancar dan kondusif,” katanya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala MA Asy-syaf’iyah, Irwan Samad menyampaikan tidak ada kendala yang dialami dalam pelaksanaan UAMBN BK ini, baik dari sarana prasarana maupun kendala teknis maupun non teknis. “Kendala yang kita antisipasi sebelumnya yakni gangguan listrik dan juga jaringan internet. Karena UAMBN BK ini membutuhkan jaringan internet yang baik karena dilaksanakan secara online, namun Alhamdulillah hal itu tidak terjadi hingga akhir,” katanya.

Menurutnya, sebelum dilaksanakan pihaknya telah melakukan beberapa kali simulasi UAMBN dan UNBK. Sehingga, pelaksanaan UAMBN yang sukses ini merupakan salah satu faktor dari kesiapan telah dilakukan oleh pihak sekolah. “Untuk mata pelajarannya itu Alquran Hadist, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Ir. Hj. Natsir menuturkan bahwa fokus dari UAMBN ini yakni untuk mengukur pencapaian standar kelulusan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Madrasah Aliyah. “Dalam pelaksanaan UAMBN ini, seluruh peserta ujian secara otomatis nilainya langsung terpantau oleh Kanwil Sultra. Karena sistem yang kita gunakan online,” tandasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy