21 Instansi Pemkab Buton Jadi Pundi PAD – Kendari Pos
Buton

21 Instansi Pemkab Buton Jadi Pundi PAD


KENDARIPOS.COL.ID — Tahun 2019 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton meraup pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 26 miliar. Jumlah itu masih hitungan bruto. Jumlah tersebut disadari masih jauh dari potensi sesungguhnya di lapangan. Meski begitu, terlihat ada trend peningkatan pendapatan setiap tahunnya.

Taufik Tombuli

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Buton, Taufik Tombuli, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, hitungan bersih PAD tahun lalu sekitar 19 miliar. “Kenapa saya tidak laporkan sebanyak itu (Rp 26 miliar), karena ada pengeluaran kita bersama Bank Sultra seharusnya kita bayarkan Desember lalu, tapi menyeberang tahun. Jadi sekitar Rp 19 miliar saja sebenarnya,” jelasnya, kemarin.

Pundi-pundi daerah itu kata Taufik disumbang oleh 21 dinas yang ada. Terbesar dari instansinya sendiri. Selanjutnya ada retribusi izin di Dinas PTSP, retribusi parkir dari Dinas Perhubungan. “Ada dari sektor perikanan juga, termasuk Dinas PU. Dalam data kami ada 21 dinas penyumbang PAD,” sambungnya. Ia berharap, dinas-dinas yang belum berkontribusi dalam menyumbang PAD bisa berinovasi dengan potensi dan kewenangannya masing-masing.

“Kita kumpul-kumpul biar kecil. Kalau banyak yang masuk, kan bertambah juga,” prinsipnya. Soal target tahun ini, mantan Kadis Kominfo itu menyebut angka yang sama dengan realisasi tahun lalu yakni Rp 26 miliar. “Masih sama. Kalau lebih juga justru lebih bagus,” pungkasnya. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy