2 WNI asal Sultra Dideportasi – Kendari Pos
Metro Kendari

2 WNI asal Sultra Dideportasi

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dua warga Sultra yang bekerja di Malaysia dideportasi. Keduanya dipulangkan lantaran tidak memiliki dokumen bekerja di negara Jiran ini. Proses pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) difasilitasi Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI) Kota Kendari.

Kepala LP3TKI Kendari, M. Syachrul Afriadi mengatakan pemulangan PMI asal Sultra bersamaan dengan 36 PMI lainnya yang dideportasikan pemerintah Malaysia. Mereka menggunakan jalur laut rute Nunukan-Pare-pare. Rencananya, hari ini (22/3) mereka tiba di Kendari melalui jalur darat dari Makassar.

“PMI yang dipulangkan berasal dari Kota Baubau dan Raha. Kemungkinan besok (hari ini red) sampai di daerahnya masing-masing,” ujarnya kemarin.

Dalam proses pemulangan kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda. Apalagi pemerintah tengah getol mengantisipasi mewabahnya virus Corona. Paling tidak, ada pemeriksanaan kesehatan atau proses karantina selama beberapa hari.

“Saya tidak bisa jamin mereka aman. Makanya, saya sampaikan agar ada langkah Pemda atau Pemprov. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Tapi mau di apa anggaran kami hanya mengambil mereka dari tempat deportasi di pusat, kemudian di pulangkan ke daerah nya masing-masing. Sampai di situ tugas kami selesai, ” ujarnya.

Saat ini, Badan Perlindungan Pekerja Migrasi Indonesia (BP2MI) telah menerbitkan surat edaran tentang penghentian sementara pelayanan penempatan PMI ke luar negeri. Tetapi untuk pemulangan dari luar negeri belum ada edarannya. “Upaya ini guna mepertimbangkan adanya wabah Covid 19 sebagai darurat kesehatan global,” ujarnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy