2.500 CPNSD se-Sultra Melaju ke Tahap SKB – Kendari Pos
Nasional

2.500 CPNSD se-Sultra Melaju ke Tahap SKB

KENDARIPOS.CO.ID — Hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) sejatinya diumumkan secara serentak sejak 22 hingga 23 Maret kemarin. 7 daerah di Sultra sudah menuntaskan tahap perangkingan CPNSD yang lolos passing grade dan berhak melaju ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB). Namun masih ada daerah belum menuntaskan perangkingan.

Tercatat 2.500 CPNSD lingkup BKD Pemprov Sultra, Kota Kendari, Butur, Konawe Utara, Muna, Konkep dan Kolaka akan melaju ke tahpa SKB. Lihat grafis.

Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKD Sultra, Kadir mengungkapkan, sekira 169 CPNSD akan berebut dan mengamankan 62 formasi melalui SKB. “Sesuai jadwal hari ini (kemarin,red) kita umumkan peserta yang lulus tahap berikutnya. Kita di Pemprov Sultra yang lulus SKD sebanyak 169, namun informasi resminya akan di sampaikan di website BKD Sultra,” kata Kadir saat di hubungi Kendari Pos, Senin (23/3).

Senada dengan itu, Kasubid Formasi BKD Sultra, Hadrawati Yusuf mengatakan, berdasarkan hasil tes SKD yang memenuhi passing grade sekira 720 orang. Namun yang lulus ketahap selanjutnya hanya 169 orang.”Karenakan ada satu formasi yang mencapai passing grade hanya 2 orang saja. Namun ada juga beberapa yang memenuhi kriteria itu,” jelas Hadrah.

Di Kota Kendari sekira 296 peserta berhak melenggag ke tahap SKB. Namun, Pemkot Kendari terpaksa menunda pelaksanaan tes SKB, karena sedang memutus mata rantai penyebaran virus Korona. Padahal peserta yang berhak mengikuti SKB telah diumumkan.

Kepala BKPSDM Kota Kendari, Susanti mengatakan sejatinya SKB digelar, 25 Maret – 10 April. “Pelaksanaan SKB ditunda. Ini kebijakan pusat (Panselnas). Kami masih menunggu jadwal selanjutnya. Informasinya belum ada. Kalau sudah ada, pasti kita akan infomasikan melalui www.kendarikota.go.id atau melalui papan pengumuman di kantor BKPSDM Kota Kendari,” ungkapnya kemarin.

Susanti merinci, 1.428 CPNSD lolos SKD beberapa waktu lalu, namun setelah diranking, maka hanya 296 peserta yang mengikuti SKB. “Jadi 1 formasi itu kami jaring sekira 2 atau 3 peserta menuju SKB. Setelah SKB, hanya menyisakan 1 saja, itulah yang lolos jadi ASN,” bebernya.

Panselda CPNSD Kabupaten Muna mengumumkan hasil SKD. Sekira 489 peserta berhak mengikuti tahap SKB. Kepala BKPSDM Kab. Muna, Sukarman Loke menerangkan pengumuman peserta SKB merujuk pada hasil tes SKD pada 13 sampai 21 Februari lalu. “Sudah kita umumkan hari ini. Nama-nama yang lulus sudah bisa diakses,” jelasnya, Senin (23/3).

Jadwal semula, SKB akan digelar akhir Maret, namun Panselnas menunda karena pencegahan virus Korona. “Kami masih menunggu informasi susulan dari pusat untuk kepastian jadwal SKB,” ujar Sukarman.

Dari Kabupaten Konawe Utara (Konut) dilaporkan, Panselda telah merilis 433 CPNSD melangkah ke tahap SKB dari 1.439 CPNSD yang dinyatakan lulus passing grade (PG) tes SKD. “Dari hasil perangkingan, yang dinyatakan lanjut diseleksi berikutnya sebanyak 433 peserta. Kemungkinan tes SKB ditunda dan kami menunggu informasi dari Panselnas,”ujar Muh. Noor Sain, Kepala BKPSDM Konut seperti dikutip Heppy Aprianti, Kasubdit Pengadaan, Senin (23/3).

Pada tahap SKD yang lalu, sekira 3.520 CPNSD di Butur berkompetisi. Namun hanya 970 yang mencapai nilai passing grade (ambang batas). Setelah diranking, rupanya hanya sekira 364 orang yang dinyatakan melaju ke SKB. “Jadwal tes SKB diundur. Ini kebijakan pemerintah pusat. Waktu pelaksaan SKB akan dijadwalkan ulang. Mungkin akhir April atau awal Mei mendatang,” ujar La Ode Sajali, Kabid Mutasi, Pengadaan, dan Kedudukan Hukum BKPSDM Butur, Senin (23/3).

BKPSDM Butur selalu siap kapanpun tes SKB digelar. “BKPSDM Butur siap selalu terkait pelaksanaan SKB. Semua perangkat komputer siap dan jaringan. Jika sudah ada surat resmi dari Panselnas, jadwal SKB CPNS Butur akan diumumkan melalui website resmi,” tandas La Ode Sajali.

Sementara itu, 370 CPNSD Konkep bersiap berkompetisi dan merebut nomor induk pegawai negeri melalui tes SKB. 370 peserta tes SKB itu disaring dari 892 peserta yang dinyatakan lulus SKD. Kepala BKPSDM Konkep, Umar mengatakan, pihaknya meranking peserta dengan nilai tertinggi pada masing-masing formasi.

“Misalnya, 3 formasi Satpol PP, kita ranking sampai 12 besar. Kalau formasinya satu orang yang diterima berarti kita ranking sampai tiga besar,” kata Umar di ruang kerjanya, Senin (16/3).

Ia menambahkan, dari 200 kuota CPNSD yang dibutuhkan, tidak terakomodir semua. Sebab, ada beberapa formasi guru dan dokter tidak terisi. “Formasi guru SD sekitar 12 tidak terisi, begitu juga dengan formasi dokter,”tambah Umar.

Dari Kabupaten Kolaka dilaporkan sekira 193 formasi CPNSD tak terpenuhi. Pasalnya, pengumuman hasil SKD, terdapat 7 formasi dokter tidak terpenuhi. “7 formasi tersebut lowong disebabkan karena pesertanya tidak lolos passing grade. Ada yang tidak hadir dan ada formasi yang sama sekali tidak ada pendaftarnya,” ungkap Hj Andi Tenri Gau, Kepala BKPSDM Kolaka.

Kata Tenri, dengan lowongnya 7 formasi dokter tersebut, maka peserta yang lolos passing grade dan berhak mengikuti SKB sebanyak 379 orang. “Ada juga yang lolos passing grade tapi tidak ikut SKB karena di formasinya banyak peserta lain yang juga mencapai passing grade. Sehingga untuk memutuskan siapa peserta yang capai passing grade dan ikut SKB maka digunakan sistem perangkingan,” jelasnya.

Sedangkan di Kota Baubau, BKPSDM masih menginput data hasil SKD CPNSD. Sehingga belum diketahui berapa peserta yang berhak melaju ke tahap SKB. Meski begitu, jurusan yang pesertanya tidak memenuhi passing grade sudah diketahui.

“Insya Allah, satu atau dua hari ini penginputan hasil SKD CPNS Baubau akan selesai. Adapun formasi yang tidak ada pelamarnya atau tidak ada peserta lulus passing grade sebanyak 5 jurusan (lihat grafis),” kata Abdul Rahman, Sekretaris BKPSDM Kota Baubau, Senin (23/1). (rah/ags/ode/min/had/san/fad/ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy