11 CJH Kolut Batal Berangkat – Kendari Pos
Kolaka Utara

11 CJH Kolut Batal Berangkat

H. BAHARUDDIN
Kepala Kemenag Kolut

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pemberangkatan calon jamaah haji (CJH) hingga saat ini masih berlangsung sesuai tahapan. Di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Kementerian Agama (Kemenag) setempat mencatat ada 151 pendaftar yang akan diberangkatkan. Namun saat ini tersisa 140 orang, karena 11 diantaranya melakukan pembatalan.

Kepala Kemenag Kolut, H. Baharuddin mengatakan 11 orang yang batal berangkat tersebut karena sakit, wafat dan dinyatakan pihak keluarga belum siap melakukan ibadah haji tahun ini. Proses pelunasan pembiayaan sudah berlangsung sejak 19 Maret lalu. “Pembinaan manasik mandiri telah dilakukan sejak Januari dan akan berakhir pada akhir April. Manasik reguler kami masih menunggu jadwal tetap yang akan dikeluarkan Kemenag,” jelasnya, kemarin.

Untuk rencana pemberangkatan CJH gelombang pertama biasanya berlangsung akhir Juni 2020. Di Sulawesi Tenggara, para jamaah dalam rekam perjalanan setiap tahunnya masuk pada gelombang kedua yang diperkirakan pertengahan Juli. Pastinya, hal itu diketahui setelah pembagian Kloter. Terkait pemberangkatan ditengah pandemik Covid-19 pada sejumlah negara termasuk Saudi Arabia, disampaikan belum ada penundaan.

Sesuai penyampaian Direktur Bina Haji Dalam Negeri, proses penyiapan sarana di negara tujuan masih berjalan sebagaimana biasanya. “Yang ditunda hanya pembayaran biaya, bukan penundaan ibadah,” sambung H. Baharuddin.
Sebab pelaksanaan ibadah haji dijelaskan sudah ditetapkan waktu-waktu pelaksanaannya. Belum ada perkembangan informasi terbaru baik itu dari Saudi Arabia maupun pemerintah RI sendiri terkait penundaan sehingga sampai hari ini prosesi tahapan tetap berjalan seperti biasa. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy