Zulkifli Hasan Ukir Sejarah di Kendari : Ketum PAN Pertama Jabat Dua Periode – Kendari Pos
Nasional

Zulkifli Hasan Ukir Sejarah di Kendari : Ketum PAN Pertama Jabat Dua Periode

KENDARIPOS.CO.ID — Zulkifli Hasan (Zulhas) kembali terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) Periode 2020-2025. Mantan Ketua MPR itu menang telak atas dua pesaingnya dalam pemilihan Ketum PAN pada Kongres V PAN di Hotel Claro Kendari, Selasa malam (11/2). Melalui mekanisme voting, Zulhas meraih 331 suara. Diikuti Mulfachri Harahap memperoleh 225 suara, dan Drajad Wibowo meraih enam suara. Total suara sah 562. Total suara tidak sah tiga. Total suara keseluruhan: 565 suara.

Zulkifli Hasan (ketiga dari kiri) kembali terpilih sebagai Ketua Umum DPP PAN Periode 2020-2025. Dia berhasil mengungguli dua rivalnya saat Kongres V PAN di Hotel Claro Kendari, Selasa malam (11/2). Usai terpilih, dia mengajak seluruh kader, simpatisan, dan tokoh PAN bersatu kembali untuk membesarkan partai

Terpilihnya kembali Zulhas sebagai Ketum PAN merupakan sejarah baru. Zulhas berhasil mendobrak tradisi. Sebab, empat kali Kongres PAN sebelumnya, calon petahana selalu tumbang. Baru di masa kepemimpinannya, berhasil mempertahankan tahta Ketum PAN. Kemenangannya juga cukup telak. Selisih 106 suara dengan pesaing beratnya, Mulfachri Harahap.

Tak hanya Zulhas yang mengukir sejarah. PAN Sultra juga mencetak sejarah. Dua sekaligus. Pertama, kali pertama Sultra dipercaya jadi tuan rumah penyelenggaraan event tertinggi partai politik (Kongres). Kedua, penyelenggaraan Kongres di Sultra berhasil membawa Zulkifli Hasan sebagai orang pertama yang menjabat Ketum PAN dua periode.

Zulhas tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya usai kembali dipercaya mayoritas pemilik suara di Kongres PAN. Menurutnya, kemenangan dirinya adalah kemenangan PAN secara keseluruhan. “Seperti kata pendiri PAN, Pak Amien Rais, Kongres ini layaknya ‘Smack Down’, ada bantingan keras. Kemudian ada sedikit luka, lalu akhirnya akan kembali lagi. Kongres sudah usai, ayo kita kembali bersatu lagi. Tidak ada lagi kubu-kubuan. Kemenangan ini adalah kemenangan semua DPD dan DPW,” kata Zulhas saat memberikan pidato kemenangan usai Kongres PAN ke-V, di Phinisi Ballroom Claro Hotel Kendari, Selasa malam (11/2).

Meski baru terpilih lagi, Wakil Ketua MPR RI ini mulai memikirkan suksesi tahun 2024. Menurutnya, tantangan ke depan semakin besar. Makanya, dirinya minta, supaya seluruh kader bersatu kembali dan mengawal dirinya sebagai Ketum PAN lima tahun ke depan. “Target kita adalah PAN bisa masuk tiga besar pemenang Pemilu 2024. Setelah itu, baru kita bicara pencapresan. Makanya, saya mengajak seluruh kader untuk bersama-sama membesarkan partai ini,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, mantan Ketua MPR RI ini juga mengajak sejumlah tokoh PAN, ikut bersama dirinya membesarkan partai. “Kita minta bang Hatta Rajasa untuk ke DPP, membantu kita membesarkan partai. Mari bersama-sama kita besarkan partai ini,” ujarnya.

Sementara itu, Hatta Rajasa mengaku berterima kasih atas permintaan Ketum PAN terpilih Zulhas. Dirinya bertekad membantu mengembalikan kejayaan PAN dengan target masuk dalam tiga besar pada Pemilu 2024 mendatang. “Mari kita bersama-sama. Kita keliling Indonesia, untuk kembali menyapa masyarakat. Meyakinkan masyarakat untuk kembali bersama PAN,” ungkapnya.

Sebagai tuan rumah, Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Shaleh mengaku bahagia. Amanah yang dipercayakan kepada dirinya telah ditunaikan dengan baik, meski ada sedikit riak yang menghiasi jalannya Kongres PAN ke V di Sultra. “Kongres ini, bukan untuk perebutan kekuasaan. Kemenangan saat ini, bukan hanya milik Zulhas. Tapi sesungguhnya, ini merupakan kemenangan bagi PAN. Khususnya PAN Sultra,” kata Abdurrahman Shaleh.

Ketua DPRD Sultra ini juga meminta seluruh kader PAN kembali merapatkan barisan, menyusun program bersama-sama untuk berjuang demi kepentingan masyarakat Indonesia, termasuk Sultra. “Terima kasih seluruh kader PAN dari seluruh Indonesia. Kepada masyarakat Sultra, saya ucapkan terima kasih, antusiasme masyarakat dalam mendukung jalannya Kongres PAN patut diapresiasi,” jelasnya.

Lanjut pria yang karib disapa ARS ini, Kongres PAN di Kendari merupakan suatu semangat baru. Khususnya, bagi PAN di Sultra. Momentum ini diharapkan dapat mengembalikan kejayaan PAN seperti masa-masa sebelumnya. “Mari kita kembalikan kejayaan PAN. Tentu dengan kembali bersama-sama, membangun PAN dan daerah ini,” pungkasnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy