Waspada Banjir, Longsor & Puting Beliung di Musim Hujan : Empat Daerah Siaga – Laman 2 – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Waspada Banjir, Longsor & Puting Beliung di Musim Hujan : Empat Daerah Siaga

“Yakni Kecamatan Moramo Utara Desa Lamokula, Kecamatan Laeya Desa Ambesea, Kecamatan Ranomeeto Barat Desa
Laikandonga, Tunduno, dan Boro-boro R. Kecamatan Kolono Desa Awunio, Kecamatan Lalembuu, dan Kecamatan Basala,” sebut Munawar.

Sementara berdasarkan data kejadian bencana di Konsel tahun 2019 lalu yang terjadi antara bulan April sampai Juni 2019 itu mencapai 17 Kecamatan dan 30-an Desa.

“Dampaknya sekitar 1.050 hektare sawah yang siap panen serta sarana prasarana pemukiman, infrastruktur, serta menyebabkan kerugian harta benda masyarakat. Olehnya, dengan upaya siaga bencana ini kita berharap angka tersebut bisa diminimalisir. Tentu kita berharap dukungan dari pihak terkait,” pungkasnya.

Langkah siaga juga dilakukan Pemkab Konut. Tim siaga darurat banjir hingga pos komando siaga bencana sudah dibentuk. “Komandan Pos nya adalah Bupati Konut, Ruksamin,”ujar Kepala BPBD Konut, Rahmatullah melalui Kabid Kedaruratan BPBD, Djasmiddin, kemarin.

Masuknya musim penghujan, tentu persiapan terus dimatangkan dalam mengantisipasi banjir. Sosialisasi kepada masyarakat intens dilakukan, terutama warga yang tinggal di bantaran sungai atau kali. “Pemantauan lapangan juga sudah kami lakukan. Bahkan Pemda sudah menetapkan siaga satu untuk bencana banjir di Konut,”kata Djasmiddin.

Djasmiddin menuturkan untuk normalisasi kali, sudah mulai dilakukan oleh BPBD untuk memperlancar arus air. Djasmiddin enggan menjelaskan secara rinci soal titik normalisasi. “Untuk normalisasi sudah mulai berjalan, sebagai bentuk mengurangi risiko bencana banjir. Tetapi itu hanya sebagian titik saja, karena masih ada beberapa sungai yang belum terantisipasi,”sambung Djasmiddin.

Meski demikian, BPDB Konut masih berupaya melakukan lobi guna mendapatkan dukungan anggaran dari kementrian maupun lembaga. Sehingga sungai maupun kali yang belum dilakukan normalisasi mendapatkan dukungan anggaran. “Mudah-mudahan upaya Pemkab Konut, dapat direalisasikan oleh kementrian,”pungkasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe meminta warga mengantisipasi datangnya bencana banjir yang kerap terjadi kala musim penghujan tiba. Salah satunya, BPBD mengimbau warga menghentikan aksi perambahan hutan.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy