Waspada Banjir dan Longsor! BPBD Petakan Wilayah Rawan Bencana – Kendari Pos
Metro Kendari

Waspada Banjir dan Longsor! BPBD Petakan Wilayah Rawan Bencana

KENDARIPOS.CP.ID — Memasuki musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari telah siaga mengantisipasi ancaman banjir dan tanah longsor. Hal ini menyusul adanya perubahan cuaca dari musim kemarau kemusim hujan yang diprediksi akan terjadi hingga Maret nanti. Warga Kota Kendari yang wilayahnya langganan banjir harus lebih waspada. Intensitas hujan diprediksi akan terus meningkat.

Berdasarkan prediksi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan akan melanda wilayah Kota Kendari pada bulan Maret-April tahun 2020. Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari terus meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir dan tanah longsor.

“Menyikapi musim hujan yang tengah mengguyur Kota Kendari, kami telah melakukan rapat terpadu dengan melibatkan seluruh unsur terkait, seperti TNI, Polri, Camat hingga Lurah yang ada di Kota Kendari, untuk saling bersinergi mengantisipasi ancaman bencana,” ungkap Kepala Dinas BNPB Kota Kendari, Paminuddin kepada Kendari Pos, Minggu (23/2).

Mantan Kepala DLHK Kota Kendari ini menambahkan sinergitas yang terjalin anatara BNPB dan seluruh pihak yang terkait, tentu merupakan salah satu upaya Pemkot untuk mengantisipasi dampak dari bencana yang diakibatkan oleh cuaca ekstrim yang terjadi didaerah ini. “Kita menginginkan persoalan kebencanaan merupakan suatu urusan bersama, bukan hanya dilakukan oleh satu pihak saja,” tuturnya.

Saat ini, BNPB tengah melakukan berbagai upaya antisipasi seperti, memberikan peringatan dini kepada seluruh masyarakat yang ada dititik rawan bencana. “Melalui camat dan lurah kita berikan surat edaran untuk melakukan antisipasi banjir dan tanah longsor yang merupakan salah satu ancaman bencana jika terjadi musim hujan berkepanjangan,” tuturnya. Untuk Kota Kendari, terdapat beberapa titik yang menjadi fokus utama dari BNPB Kota Kendari. Seperti daerah Wanggu, Wundodopi, By Pass, Lepo-Lepo, Asrama Haji, Kawasan MTQ, Korumba, Lahundape dan Kemaraya serta Benu-benua, yang mrupakan titik langganan banjir.

“Sementara titik wilayah yang berpotensi terjadi bencana tanah longsor yakni, di sekitar La Solo, Alo Lama hingga Sambuli. Bahkan untuk tanah longsor seluruh daerah Kota Kendari memiliki potensi untuk terjadi bencana ini,” tuturnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik akan adanya bencana banjir hingga tanah longsor di Kota Kemdari. Pasalnya, Pemkot melalui BNPB telah melakukan berbagai antisipasi penanggulangan bencana. “Masyarakat diimbau tetap tenang. BNPB dan seluruh elemen yang terkait dengan kebencanaan tengah siap siaga apa bila terjadi bencana sebagaimana prediksi BMKG,” tandasnya. (b/idh)

Titik Rawan Banjir
-Aliran Kali Wanggu -Kawasan MTQ
-Wundodopi -Korumba
-By Pass -Lahundape
-Lepo-Lepo -Kemaraya
-Asrama Haji -Benu-benua

Rawan Longsor
-Lorong Lasolo
-Alolama
-Sambuli
-Kendari Caddi

Sumber Data : BPBD Kota Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy