Warga Sultra Diimbau Sukseskan Sensus Penduduk 2020 – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Warga Sultra Diimbau Sukseskan Sensus Penduduk 2020


KENDARIPOS.CO.ID — Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 resmi di mulai Sabtu (15/2) pekan lalu. Di Sulawesi Tenggara (Sultra), sejumlah pejabat tinggi seperti gubernur, wakil gubernur, ketua DPRD provinsi, hingga sekretaris daerah provinsi telah melaksanakan sensus penduduk secara online.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi sebagai orang pertama di Sultra yang melakukan sensus penduduk secara online, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan menyukseskan hajatan sepuluh tahunan itu. Ia mengatakan, sensus penduduk bertujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan yang akan menjadi penentu dalam perencanaan berbagai kebijakan pemerintah ke depan. “Saya mengajak seluruh masyarakat Sultra agar segera mendaftarkan diri pada sensus online. Ini akan mendeteksi berapa sesungguhnya jumlah penduduk yang ada di Sultra,” ujar Ali Mazi usai mengisi data diri dalam sensus online, akhir pekan lalu.

Lanjut dia, data kependudukan tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan masa kini, tapi juga membuat proyeksi sampai tahun 2030 mendatang. Data kependudukan yang valid dan akurat merupakan salah satu kunci utama dalam suksesnya pembangunan sebuah daerah. “Sensus penduduk dapat membantu menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk. Dengan sensus penduduk yang dilakukan hari ini, pendataan akan lebih baik. Saya sudah lakukan sensus online, prosesnya sangat mudah dan cepat,” pungkasnya.

Terpisah, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas yang telah melaksanakan sensus di rumah jabatannya, Sabtu (15/2) lalu, mengajak seluruh jajaran OPD agar ikut menyukseskan sensus penduduk. “Ini merupakan program nasional dan kita sebagai jajaran Pemprov Sultra harus ikut mensukseskan dan mengimbau seluruh lapisan masyarakat memberikan data akurat,” kata Lukman Abunawas, akhir pekan lalu. Ia berharap, BPS yang tersebar di seluruh kabupaten/kota dapat bersinergi dengan OPD sehingga para ASN bisa aktif berpartisipasi.

“Metode online ini sangat praktis, efektif, dan efisien. Tingkat erornya kurang dan data yang kita masukan ril,” pungkasnya. Sementara itu, Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh dan PJ SekretarisnDaerah Provinsi Sultra, La Ode Ahmad Pidana Balombo yang juga didampingi petugas BPS saat mengisi data sensus penduduk online mengungkapkan hal senada. “Saya harap masyarakat Sultra ikut menyukseskan sensus penduduk 2020,” ujar Abdurrahman Shaleh, Sabtu (15/2) lalu.

Kepala BPS Sultra, Moh Edy Mahmud mengatakan, sensus bertujuan menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia baik secara de facto maupun de jure. Sensus juga menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk seperti fertilitas, mortalitas, migrasi, serta karakteristik lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk.

Sensus Penduduk Online 2020 yang dilakukan BPS ini merupakan metode baru yang tujuannya menggali partisipasi masyarakat agar lebih maksimal. “Sensus online lebih ditujukan kepada masyarakat yang literasi digital teknologinya sudah baik. BPS juga menyasar millenial yang saat ini sangat terhubung dengan teknologi. Melalui metode online, sensus akan terlaksana dengan lebih efektif dan efisien,” ujar Edy Mahmud, Sabtu (15/2) pekan lalu.

Sensus online juga memungkinkan pengisian data yang lebih jujur karena privasi yang sangat terjaga. Adapun dokumen yang perlu disiapkan saat mengisi data sensus online yakni Kartu Keluarga, KTP, Akta Nikah (jika sudah menikah), dan Akta Cerai (bagi yang sudah cerai). Terhadap masyarakat yang akses internetnya tidak memadai, BPS di setiap provinsi maupun kabupaten/kota telah diinstruksikan agar menyediakan infrastruktur pendukung di masing-masing kantor BPS. “Kemungkinan tidak semua akan terfasilitasi secara online. Petugas kami akan mendatangi mereka untuk sensus penduduk melalui teknik wawancara. Pelaksanaannya mulai 1 Juli sampai 31 Juli 2020,” tutupnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy