Visa Bebas Warga Tiongkok Dicabut – Kendari Pos
Nasional

Visa Bebas Warga Tiongkok Dicabut

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah virus Corona mulai menyebar di sejumlah negara. Mengantisipasi penyebaran wabah mematikan itu, sejumlah negara termasuk Indonesia mulai melakukan proteksi. Akses masuk warga Tiongkok tak lagi sebebas dulu. MenkumHAM, Yasonna Laoly telah mencabut visa bebas warga Tiongkok. Menindaklanjuti kebijakan itu, pihak Imigrasi kelas I TPI Kendari pun mulai memperketat pengawasan di Sultra.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Kantor Imigrasi kelas I TPI Kendari, Indra Gunawan Mansyur mengatakan telah memutus semua akses masuk TKA dari negeri Tirai Bambu. Penerapan kebijakan ini telah dimulai pasca MenkumHAM mengeluarkan instruksi tanggal 5 Februari.

“Jadi selama larangan itu, kami tidak akan mengeluarkan visa. Kami menunggu hingga proses penanganan virus corona dari pemerintah Tiongkok,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Keimigrasian kata dia, tidak berdiri sendiri. Pihaknya bekerjasama dengan karantina kesehatan. Pasalnya, lembaga ini memiliki alat pendeteksi suhu tubuh. Tim ini disebut Custom, Immigration,Quarantine (CIQ). “Jika memang karantina menolak seseorang masuk dengan alasan kesehatan, kami siap memulangkan orang tersebut saat itu juga dengan alat angkut yang ada,” tegasnya.

Senada disampaikan Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Sekjen Kemenkumham Bambang Wiyono. Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai upaya menangani penyebaran virus korona. Dengan didasari Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penghentian Sementara Bebas Visa Kunjungan, Visa Kunjungan Saat Kedatangan (Visa On Arrival) dan Pemberian Izin Tinggal Keadaan Terpaksa bagi Warga Negara RRT.

“Permohonan visa kunjungan, visa tinggal terbatas (Vitas) dan Vitas On Arrival oleh orang asing yang pernah tinggal atau mengunjungi Tiongkok dalam kurun waktu 14 hari sebelum permohonan diajukan akan ditolak,” kata Bambang Wiyono, Kamis (6/2).

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy