Virus Corona Belum Berdampak pada Ekonomi Sultra – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Virus Corona Belum Berdampak pada Ekonomi Sultra

Syamsul Anam, SE., M.Ec., Dev

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah Corona mulai berdampak pada perekonomian Cina saat ini. Utamanya pada sektor transportasi, akomodasi, dan retail. Meski demikian, Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai salah satu daerah yang menjalin kerja sama dengan negeri Tirai Bambu tersebut, diperkirakan belum akan terdampak dari sisi ekonomi.

“Kalau Sultra, agaknya belum akan terganggu dengan larangan bepergian warga Tiongkok baik untuk keperluan bisnis maupun pariwisata,” kata Ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Syamsul Anam, SE., M.Ec., Dev., kepada Kendari Pos, kemarin.

Lanjut dia, saat ini relasi ekonomi Sultra dengan Tiongkok teridentifikasi pada sektor industri terutama produk pertambangan. Kalaupun ada penurunan permintaan produk hasil olahan sektor pertambangan relatif disebabkan oleh larangan ekspor mineral dalam bentuk asalan (ore). Penyebaran virus Corona di berbagai negara memang telah memunculkan pesimisme terhadap pertumbuhan ekonomi dunia, namun kata Syamsul, hal tersebut dalam waktu dekat belum akan mempengaruhi ekonomi Sultra secara langsung.

Meski demikian, Syamsul mengingatkan pemerintah agar mewaspadai penurunan permintaan aneka macam produk perdagangan dari dan ke Tiongkok. Mengingat 80 persen industri di Tiongkok saat ini merumahkan karyawannya. “Dampak wabah Corona terhadap Sultra paling cepat dapat diestimasi pada akhir kuartal I tahun 2020. Terutama pada kegiatan ekspor dan kunjungan wisatawan. Karena hubungan ekonomi kita dengan Tiongkok didominasi oleh dua sektor itu,” analisanya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy