Usung Figur Maju Pilkada, Golkar Sultra Tunggu Fatwa DPP – Kendari Pos
Politik

Usung Figur Maju Pilkada, Golkar Sultra Tunggu Fatwa DPP

KENDARIPOS.CO.ID — Figur yang akan berlaga pada Pilkada di Sultra terus memburu restu partai politik. Beberapa bakal calon kepala daerah telah mendapat “titah” dari parpol, meskipun dukungan masih dalam bentuk surat tugas mencari partai koalisi dan pendamping.

Sang petahana Amrullah mendapat mandat dari Demokrat untuk mencari pasangan berlaga di Pilkada Konkep. Sedangkan, Muliadin Salenda ditugaskan mencari sosok yang akan menjadi bakal calon bupati di Buton Utara (Butur) melalui Demokrat. Berbeda dengan Demokrat, Golkar Sultra telah mengusulkan daftar nama calon kepala daerah di DPP.

“Kita masih tunggu instruksi dari DPP. Kita masih tunggu hasil survey partai. Tapi kemungkinan besar yang akan kita berikan dukungan adalah para kader partai seperti di Wakatobi ada Arhawi (Ketua DPD II Golkar Wakatobi), Surunuddin Dangga (bupati Konsel) atau Irham Kalenggo (Ketua DPRD Konsel), serta Aswadi Adam di Kabupaten Butur,” ungkap Ridwan Bae, Ketua DPD Golkar Sultra.

Untuk dii luar dari tiga daerah itu, pihaknya berharap bisa mendorong kader sebagai wakil bupati seperti Safrin(Konut), Ismail Iskandar, H. Buddu dan Sukirman (Kolaka Timur), dan Muhammad Natsir Ido(Kabupaten Muna). Adapun di Konawe Kepulauan, partai tidak akan mendorong kadernya sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati.

“Bukan karena kader di sana tidak siap. Tapi mereka memberi kepercayaan kepada Bupati Konkep Amarullah. Namun apa yang saya sampaikan ini baru sebatas pandangan DPD I. Mungkin kalau di DPP Golkar, bisa jadi lain lagi pertimbangannya. Kita tunggu dari DPP karena keputusan itu ada di DPP,” ulang Ridwan Pertegas.

Sementara itu, Sekretaris PDI-Perjuangan Sultra, Agus Sanaa mengaku dalam memberikan dukungan, pihaknya lebih mengutamakan kader ketimbang non kader. Saat ini, lanjut dia, pihaknya baru memberikan rekomendasi kepada Pasangan Calon (Paslon) Abu Hasan – Suhuzu di Pilkada Butur.

Sedangkan untuk enam daerah lain, lanjut dia, pihaknya masih menunggu instruksi selanjutnya yang rencananya akan diumumkan pada awal dan akhir Maret mendatang. Agus mengaku sudah banyak calon dari luar kader yang melirik PDI-P. Itu terbukti tingginya animo calon saat penjaringan beberapa waktu yang lalu. Misalnya di Muna, kata Agus, meskipun banyak calon yang menginginkan PDI-P, tapi tetap mengutamakan kader partai.

“Kita sudah dapat kursi Bupati Muna. Masak kita sudah dapat kursi bupati, lalu kita mau dukung non kader yang masih mau bertarung dan tak ada jaminan untuk menang. Oleh karena itu, kami tidak akan korbankan kader demi memberikan dukungan kepada kandidat di luar kader,” kata Agus. (ags/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy