UMK Jadi Host Partner ADSE Enablement Session 2020 – Kendari Pos
Edukasi

UMK Jadi Host Partner ADSE Enablement Session 2020

Trainer SAP, Erwin sedang menjelaskan teknik analisis dan manfaatnya, sebelum melatih mahasiswa menggunakan SAC.

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) mendapat kesempatan menjadi host partner dalam untuk melaksanakan pelatihan Asean Data Science Explorers (ADSE) Enablement Session 2020, yang diselenggarakan oleh Asean foundation dan SAP, bertempat di ruang senat UMK, Selasa (11/2). Kegiatan itu dibuka langsung oleh Rektor UMK, Amir Mahmud, S.Pi., MP., dan diikuti sebanyak 25 mahasiswa, yang dilatih menganalisa data menggunakan SAP Analytic Cloud (SAC).

Trainer Asean Foundation, Amy Darajati Utomo menjelaskan, Asean Foundation hadir untuk memperkenalkan data science explorer, yang berguna dalam memunculkan solusi dalam berbagai permasalahan yang dihadapi pemerintah, seperti kemiskinan, kesejahteraan, kesehatan, kemacetan, ataupun masalah lain, dengan pemecahan berbasis data.

“Ini adalah kali pertama mereka melakukan kegiatan di Sulawesi. Saya berharap nantinya Kendari, khususnya UMK menjadi pelopor dan pembuka dalam kompetisi Asean Data Science Explorer (ADSE). Ini langkah pertama bagi anak muda untuk bekerja memecahkan masalah dunia, dengan menggunakan data dan analisis yang dapat diukur secara nyata,” terangnya.

Selanjutnya, Erwin handoko trainer dari SAP, juga memperkenalkan aplikasi SAP untuk analisis data, yang bisa diterapkan pada perusahaan- perusahaan skala besar. SAP sendiri sukses menjadi aplikasi pendukung pengabila keputusan nomor satu paling banyak digunakan di Indonesia. Disamping itu, sebagai software pembantu dalam manajemen perusahaan, SAP juga menggunakan konsep penyajian data secara Real-Time, sehingga keputusan- keputusan bisnis perusahaan tersebut bisa sesuai dengan target yang diinginkan.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI), Nur Rizky Alfiany S., S.S., M.Hum., mengungkapkan, bahwa UMK menyambut baik kedatangan kedua trainer yang hadir untuk memperkenalkan kompetisi menganalisi data menggunakan aplikasi SAP Analytic Cloud (SAC) tingkat ASEAN. “Nah, trainer ini datang untuk menginformasikan tentang kompetisi tersebut, sekaligus melatih mahasiswa mengolah data menggunakan SAC,” ujarnya.

Para mahasiswa akan diberikan sebuah kasus yang bervariasi dari berbagai belahan dunia, dan tugas mereka melakukan analisis untuk memunculkan solusi terbaik menggunakan SAC. “Mereka bisa submit jawaban mereka sampai Juni, dan jika memenuhi syarat, akan masuk babak final di Oktober tingkat ASEAN. Nah, yang ikut saat ini adala Batch 1 sebanyak 25 orang, nantinya mereka ini akan memberikan training kepada Batch 2, yang rencananya jauh lebih banyak, sehingga banyak yang bisa berkompetisi,” terangnya.

Menurutnya, UMK sangat welcome dengan kegiatan tersebut, sangat menyambut positif sehingga kegiatan itu bisa terlaksana. “Ini sangat penting, dan baik bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dengan analisis data. KUI UMK akan membantu menghandel, mendampingi mahasiswa yang ingin berkompetisi dalam kompetisi tingkat ASEAN ini,” tutup Nur. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy