Tunggakan PBB di Kendari Capai Rp 7 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Tunggakan PBB di Kendari Capai Rp 7 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Kesadaran warga Kota Kendari menunaikan kewajiban membayar pajak masih kurang. Hingga kini, tunggakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mencapai Rp 7 miliar. Jumlah ini sudah agak berkurang. Sebelumnya, tunggakan PBB ini sempat mencapai angka Rp 10 miliar.

“Sejauh ini, masih banyak masyarakat yang belum sadar pajak, khususnya pajak PBB. Sebelumnya, angka penunggakan pajak PBB di Kota Kendari mencapai angka 10 miliar yang kemudian menurun dikarenakan ada beberapa penunggak yang menyelesaikan pembayarannya setelah diberikan beberapa kali peringatan atau teguran,” ungkap Sri Yusnita, Kepala Dinas Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari, Selasa (11/2).

Retribusi pajak PBB kata dia, merupakan salah satu jenis pajak yang paling besar kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Kendari untuk tahun 2019. untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Kendari yang terdaftar menunggak pajak khususnya PBB.

“Pajak PBB itu berada di urutan nomor tiga paling besar sumbangsihnya, setelah pajak penerangan lampu jalan. Tentunya kita terus melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa bayar pajak itu adalah sesuatu yang wajib dan harus dibayar,” tuturnya

Saat ini, instansi telah melakukan beberapa langkah persuasif untuk menyadarkan masyarakat melalui pendekatan dan juga sosialisasi untuk wajib pajak. Jika hal tersebut juga tidak diindahkan maka, pihaknya akan memberikan surat teguran pertama, kedua dan ketiga kepada para penunggak pajak tersebut agar bisa segera melunasi kewajibannya. “Kami berharap apa yang dilakukan bisa membangun kesadaran warga yang menunggak pajak sehingga bisa melunasi tunggakannya. Hal ini dilakukan agar Pendapatan Asli Daerah bisa meningkat,” terangnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy