Tower Bank Sultra Rampung, Tapi Belum juga Difungsikan – Kendari Pos
Metro Kendari

Tower Bank Sultra Rampung, Tapi Belum juga Difungsikan

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan gedung Tower Bank Sultra telah rampung. Namun hingga kini, gedung yang menelan anggaran sebesar Rp 116 miliar belum difungsikan. Padahal sudah sekian kali Pemprov berencana memindahkan pelayanan di gedung yang dibangun di masa pemerintah Nur Alam ini. Sayangnya, rencana tersebut tak kunjung terealisasi. Untuk memastikan kendalanya, sejumlah anggota DPRD Sultra berkunjung ke Tower Bank Sultra. Rombongan anggota parlemen Sultra dipimpin Wakil Ketua DPRD Sultra, Hery Asiku didampingi anggota komisi II dan III. Diantaranya, Farhana, Syamsul Ibrahim, Pharmin, Sudirman, Salam Sahadia dan Yudianto Mahardika.

Wakil Ketua DPRD Sultra, Hery Asiku mengungkapkan, banyak isu yang dihembuskan bahwa pembangunan Tower Bank Sultra tidak sempurna. “Gedungnya miring atau bahkan ada yang menyebutkan ada masalah sehingga Tower Bank Sultra tidak bisa digunakan. Ini yang ingin kita klarifikasi dan clearkan. Kalau betul mari kita cari masalahnya di mana. Kita selesaikan secepatnya. Sayang bangunan dengan biaya besar dari uang rakyat tidak bisa digunakan,” ungkapnya dihadapan direksi Bank Sultra dan OJK di Tower Bank Sultra, Selasa (18/2).

Politisi Golkar ini menginginkan agar pembangunan yang dilakukan tersebut bisa digunakan dan bermanfaat. “Paling tidak kalau bisa difungsikan dengan cepat bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Minimal bisa membiayai dirinya sendiri dahulu. Manfaat lain itu bisa menjadi pusat perkantoran bagi perusahaan tambang dan investor lain,” tuturnya.

Plt Dirut Bank Sultra, Abdul Latif menjelaskan pembangunan Tower Bank Sultra sementara dilakukan review atau audir oleh BPKP. Selain itu persoalan kepengurusan juga menjadi masalah, sehingga penggunaan Tower Bank Sultra belum dapat dilakukan. “Hasil review oleh BPKP harus diserahkan ke pusat dahulu sebelum diserahkan ke gubernur. Hal itu juga karena ini persoalan baru dan anggaran cukup besar. Soal apakah ada temuan atau tidak itu nanti tunggu hasilnya. Selain itu, persoalan kepengurusan juga itu karena ada peralihan kepengurusan. Harus ada penyusuain lagi. Itu menjadi alasan sehingga gedung ini belum kita gunakan,” jelasnya.

Tower Bank Sultra yang telah rampung tapi belum juga difungsikan

Saat ini, pembangunannya telah masuk tahap II. Sebelum digunakan, interior gedung akan dilengkapi. Lelangnya akan dilaksanakan awal Maret mendatang. “Tahun ini kita akan optimal menyelesaikan pembangunannya. Sehingga tahun ini juga, Tower Bank Sultra bisa difungsikan sebagaimana mestinya,” katanya.

Terkait review tahap I, Abdul Latif sudah memanggil pihak PPK dan Kontraktor. Hasilnya dari review tersebut PPK dan Kontraktor siap untuk menindaklanjuti hasil review tersebut. “Kontraktornya PT Brantas dari BUMN. Apapun hasilnya mereka siap untuk bertanggujawab andai itu ada temuan. Prinsipnya tahun ini pengerjaan Tower Bank Sultra rampung dan tahun ini juga siap digunakan,” pungkasnya. (b/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy