Tiga Armada di Kolut Layani Rute Tobaku-Siwa, Berikut Jadwal Berangkatnya – Kendari Pos
Kolaka Utara

Tiga Armada di Kolut Layani Rute Tobaku-Siwa, Berikut Jadwal Berangkatnya

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar (kanan) bersama Kapolres, AKBP I Wayan Riko Setiawan (kiri) ketika meninjau ruang kendali KMP New Rose usai peluncuran perdana pelayarannya di Pelabuhan Tobaku, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah feri penyeberangan angkutan laut dari Pelabuhan Tobaku, Kecamatan Katoi di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menuju Pelabuhan Siwa Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), saat ini menjadi tiga unit. Penambahan ini setelah Kapal Muat Penumpang (KMP) New Rose beroperasi secara resmi terhitung mulai Minggu (23/2).

Operasional KMP New Rose tersebut secara resmi dilepas Bupati Kolut, Nur Rahman Umar dari Dermaga Tobaku, kemarin. Bupati mengatakan, kehadiran KMP New Rose menjawab keterbatasan armada Tobaku-Siwa usai kapal cepat fiber berhenti beroperasi tahun 2016 lalu. “Bagi kami, tambahan armada juga menjadi salah satu penyumbang pendapatan bagi kedua daerah, baik Wajo dan Kolut khususnya,” kata Nur Rahman.

Ia menyebut, setiap tahun jumlah penumpang pengguna jalur laut tersebut terus meningkat. Begitu juga dengan barang. Di musim panen, angka bongkar muat juga meningkat tajam yang diperkirakan mencapai 5.000 per tahun. “Apalagi musim cuaca ekstrem di teluk. Penumpang feri Kolaka-Bajoe biasanya beralih ke sini (Kolut). Ini yang kadang membuat lonjakan,” ujar Bupati. Dari sisi jarak tempuh Kolut-Wajo, para penumpang hanya menghabiskan waktu di Teluk Bone kurang lebih tiga jam saja. Angkutan barang juga meningkat pada pelayaran ini karena memangkas waktu tempuh kendaraan ekspedisi yang sebelumnya harus melingkar melintasi daratan Luwu. Selain ringkas, penyeberangan Tobaku-Siwa terbilang aman dibanding Kolaka-Bajoe saat perairan di teluk berkecamuk.

Kasub UPTD Dinas Perhubungan Kolut, Supardi, menjelaskan untuk pemberangkatan dari Tobaku-Siwa, KMP New Rose mulai berlayar pukul 08.00 Wita, pada jam 13.00 Wita dilayani KMP New Camellia dan pukul 16.00 Wita oleh KMP Merak. Sementara itu dari Siwa ke Tobaku pukul 09.00 Wita KMP New Camellia, 11.00 Wita KMP Merak dan 13.00 Wita KMP New Rose. “Kalau ada perubahan jadwal pasti kami informasikan,” jelas Supardi. (b/rus)

1 Comment

1 Comment

  1. irfan

    2 Apr 20 12:06 at 12:06

    bisa minta nomor tlpon atau wa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy