Tiap Kamis, Pemprov Sultra Wajibkan Gunakan Pakaian Tenunan Daerah – Kendari Pos
Metro Kendari

Tiap Kamis, Pemprov Sultra Wajibkan Gunakan Pakaian Tenunan Daerah

Lukman Abunawas

KENDARIPOS.CO.ID — Budaya menjadi salah satu poin yang tertuang dalam lima pilar visi-misi Ali Mazi-Lukman Abunawas. Tak heran, Pemprov begitu konsern melestarikan tradisi budaya daerah. Salah satunya penggunaan pakaian tenun atau yang bermotif daerah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sultra. Mulai bulan Februari 2020 ini, ASN kini diwajibkan menggunakan pakaian bermotif daerah Sultra setiap hari Kamis

“Penggunaan pakaian bermotif daerah ini akan berlaku seterusnya. Jadi, ini wajib untuk seluruh pejabat atau ASN lingkup Pemprov. Kami ingin memberikan contoh kepada masyarakat bahwa Pemprov peduli akan kebudayaan,” kata Lukman Abunawas, Wakil Gubernur (Wagub) Sultra kemarin.

Kebijakan ini kata mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, sekaligus dalam rangka mempromosikan entitas budaya daerah. Sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa, empat entitas budaya di Sultra yang dikenal adalah Morenene, Tolaki, Buton dan Muna perlu dilestarikan. “Kita semua yang bertugas di Sultra tentu wajib menghormati itu, wajib menghargai dan mewariskan kepada generasi-generasi kita yang akan datang,”terangnya.

Mantan Bupati Konawe dua periode ini menambahkan penggunakan pakaian adat ini sebagai pengenalan bahwa Pemprov Sultra cinta budaya. “Kita sebagai warga masyarakat, apakah itu masyarakat Buton, Muna, Tolaki, Moronene dan semua suku lainnya, selalu berupaya terus melestarikan kebudayaan. Kita hargai dan hormati adat budaya yang merupakan aset nasional,” ujarnya.

Di era revolusi 4.0 sambungnya, tantangan kian besar. Ke depan generasi berikutnya mungkin sudah tidak mengenal entitas bila tidak dilakukan antisipasi. Untuk itulah, pemerintah harus mewariskan pengetahuan kepada generasi mendatang. “Kita ingin generasi muda kita tahu dan kenal adat dan kebudayaan ini. Tidak hanya untuk hari ini, namun juga di masa-masa yang akan datang,”tutupnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy