Tertib Administrasi, Bombana dan Kendari Diganjar Penghargaan Menpan-RB – Kendari Pos
Nasional

Tertib Administrasi, Bombana dan Kendari Diganjar Penghargaan Menpan-RB

Kiri : Bupati Bombana, H. Tafdil (dua dari kiri) menerima SAKIP Award 2019 dari Kemenpan-RB. Tampak dia didampingi jajarannya.
Kanan : Inspektur Kota Kendari Syarifuddin mewakili Wali Kota Kendari didampingi Kepala Bappeda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala dan Bagian Organisasi Setda Kota Kendari Wahyu saat menerima SAKIP Award 2019.

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Bupati Bombana, H. Tafdil dan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir diapresiasi pemerintah pusat. Kedua kepala daerah ini dinilai sukses menata administrasi pemerintahannya. Sehingga, layak disematkan SAKIP Award 2019. Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2019 diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo
di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta. Akuntabilitas kinerja pemkab Bombana berpredikat B.

Sedangkan, SAKIP Award Pemkot Kendari diterima oleh Inspektur Kota Kendari, Syarifuddin mewakili Wali Kota Kendari, didampingi Kepala Bappeda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala dan Bagian Organisasi Setda Kota Kendari Wahyu. Hasil penilaian Kemenpan-RB, Kendari mendapatkan nilai B dengan jumlah skor 61,85.

Kembali ke Bombana, prestasi akuntabilitas tersebut tergolong naik. Tafdil sukses menggenjot kinerja OPD yang dipimpinnya. Sebab, penilaian pada tahun anggaran 2018 lalu, Bombana mendapat nilai CC dengan skor 50,23. Namun pada penilaian SAKIP Award 2019, Bombana mampuh menyabet nilai B dengan skor 62.

“Alhamdulilah, kinerja kita mendapat penghargaan SAKIP Award dari Kemenpan. Penghargaan ini akan jadi spirit, untuk terus meningkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. Ini guna mewujudkan dimensi Pembangunan Kabupaten Bombana ke arah yang lebih baik lagi,” ujar Tafdil, kemarin.

Plt. Kepala Bappeda Pemkab Bombana, Husrifna Rahim yang juga mendampingi Bupati Bombana, menjelaskan, SAKIP merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien. Setiap tahun, Kementerian PAN-RB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

“Sebanyak 190 pemerintah daerah di wilayah III menerima hasil evaluasi. Serta rekomendasi perbaikan di tahun selanjutnya. Rekomendasi tersebut ditujukan agar setiap pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, supaya sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi penghargaan itu. Menurutnya, semua itu didapatkan berkat sinergi dan kerja keras semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh jajaran dari tingkat kecamatan dan kelurahan di lingkup Pemerintah Kota Kendari. “Selamat kepada seluruh Aparatul Sipil Negara (ASN) Kota Kendari. Kerja keras kita selama ini, upaya untuk meningkatkan profesionalisme mendapat apresiasi dari MenPAN RB,” ungkap Sulkarnain, Selasa (25/2).

Mantan anggota DPRD Kota Kendari ini mengakui, dengan adanya penghargaan ini, pihaknya turut mengimbau kepada seluruh OPD yang ada di lingkup Kota Kendari untuk terus meningkatkan profesionalisme kerja. Pasalnya, hasil evaluasi SAKIP tidak melulu soal administrasi, tapi terpenting implementasinya. Tidak hanya prosesnya, tapi hasilnya yang utama. Untuk itu, dengan capaian ini diharapkan akuntabilitas kinerja yang meliputi komponen perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja akan terus ditingkatkan lagi di tahun-tahun mendatang, supaya bisa mencapai nilai A.

“Meskipun dalam penghargaan ini, Kota Kendari mendapat nilai B atau sama dengan tahun lalu. Namun, dari segi angka mengalami peningkatan. Semoga tahun depan kita bisa mendapatkan nilai A,” harapnya. Penyerahan hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dilakukan oleh Menpan RB, diterima langsung oleh Inspektur Kota Kendari Syarifuddin mewakili Wali Kota Kendari, didampingi Kepala Bappeda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala dan Bagian Organisasi Setda Kota Kendari Wahyu. (b/kmr/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy