Terkendala Pembebasan Lahan, Pengerjaan Jembatan Teluk Kendari Molor – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Terkendala Pembebasan Lahan, Pengerjaan Jembatan Teluk Kendari Molor

Progres pembangunan jembatan Teluk Kendari telah mencapai 80 persen. Molornya pengerjaan proyek senilai Rp 750 miliar ini lantaran pembayaran ganti rugi yang belum tuntas.

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan Jembatan Bahteramas dipastikan molor. Sesuai jadwal, proyek senilai Rp 750 miliar ini ditargetkan rampung pada bulan Februari ini. Namun hingga kini baru mencapai 80 persen. Pembayaran ganti rugi menjadi kendala. Hingga kini, masih ada empat bidang tanah belum dibayarkan. Kendati demikian, Balai Jalan Nasional Wilayah XXI Kendari optimis pengerjaan proyek dengan nomenklatur Jembatan Teluk Kendari ini bisa dituntaskan bulan Juli mendatang.

Kepala Balai Wilayah Jalan Nasional XXI , Kendari, Yohanis Tulak Toding Rara mengaku masih menunggu putusan hukum terkait pembebasan empat bidang lahan warga yang masih belum dibayarkan. “Ada ketidak cocokan harga antara yang disiapkan pemerintah dan permintaan warga terhadap empat bidang yang tersisa,” ungkapnya saat ditemui dikawasan SSDC, tugu persatuan MTQ, Kendari, kemarin.

Apakah pihak konsorsium akan diberikan sanksi? Yohanis memastikan tidak. Pasalnya, tertundanya pengerjaan jembatan bukan disebabkan wanprestasi. Tapi lebih disebabkan persoalan hukum. “Kalau pemberian sanksi atau penalti, saya pastikan tidak. Ini semua murni persoalan hukum. Jadi untuk penyelesaiannya pun harus menanti putusan hukum tetap,” tuturnya.

Meski tertunda, ia menargetkan pembangunan jalan tersebut dapat diselesaikan pada Juli mendatang. Apalagi progres pengerjaan jembatan sudah mencapai 80 persen. “Kalau tidak ada halangan, dan putusan hukum telah ditetapkan maka diperkirakan Juli, jembatan sudah bisa selesai,” jelasnya.

Kendala lain yang bisa menyebabkan pengerjaan molor sambungnya, yakni cuaca. Bila cuaca mendukung, pengerjaannya bisa sesuai target. “Proses pengerjaannya itu berada di kawasan laut dan berada di ketinggian. Jadi itu juga bergantung pada cuara. Kalau cuaca buruk dengan angin kencang, kemungkinan proses pengerjaan akan sedikit tersendat,” pungkasnya. (b/yog)

Mega Proyek Jembatan Bahteramas

  • Proyek Monumental Nusa di Periode II
  • Menghubungkan Kota Lama – Bungkutoko
  • Dibangun di Perairan Teluk Kendari
  • Pengerjaan Bangunan Fisik Dimulai April 2015
  • Proyek multiyears yang Bersumber dari APBN
  • Awalnya hanya Rp 460 miliar, Tapi Dinaikan Rp 750 miliar
  • Pembangunan fisik jembatan diproyeksi selesai di tahun 2020
    -Jembatan memiliki bentangan 1.300 meter dan clearance 7 meter
    -Tinggi 19 Meter di Atas Permukaan Laut

Data Diolah Litbang Kendari Pos

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy