Tambah Koleksi, Museum dan Taman Budaya Dirancang Jadi Potensi Wisata – Kendari Pos
Metro Kendari

Tambah Koleksi, Museum dan Taman Budaya Dirancang Jadi Potensi Wisata

Seorang pengunjung mengamati koleksi barang antik di Museum Negeri Provinsi Sultra, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Keberadaan museum dan taman budaya kini mulai terlihat. Sejak tahun lalu, Pemprov Sultra telah melakukan pembenahan melalui Bantuan operasional penyelenggaraan (BOP). Tidak hanya sarana dan prasarana, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra mulai menghidupkan atraksi budaya dan memperbanyak koleksi-koleksi museum.

Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan museum dan taman budaya tidak hanya sarana belajar dan mengenal identitas daerah, namun juga menjadi pangsa pasar wisata. Dengan berkunjung di dua lokasi ini, wisatawan bisa mendapat gambaran tentang wajah Sultra.

Saat ini, pihaknya sedang merancang program agar museum dan taman budaya menjadi potensi wisata. Nantinya, wisatawan yang tiba di bandara Halu Oleo akan ditawari singgah di museum atau taman budaya untuk menikmati atraksi budaya. “Jadi, dalam perjalanan ke hotel atau penginapan mereka bisa singgah. Upaya ini tak lain untuk mendukung pengembangan pariwisata Sultra sebagaimana instruksi gubernur,” ujarnya.

Untuk itulah, pihaknya akan menggandeng para seniman, sekolah hingga pelaku seni lainnya. Atraksi kesenian dan budaya akan dihidupkan baik melalui sanggar seni maupun sekolah. Di sisi lain, pihaknya terus melengkapi koleksi yang bisa menjadi nilai jual dibanding museum lain.

Dikbud Sultra sudah siap dengan museum dan taman budayanya. “Bahkan saat ini di sekolah-sekolah sudah ada gerakan seniman masuk sekolah. Dan setiap sekolah mempunyai atraksi-atraksi lokal yakni dalam bentuk tari-tarian. Selain itu, koleksi museum kita bahkan ada ribuan, dan ini kita sudah benahi sejak 2019 lalu,” paparnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy