Tak Dianggarkan APBD, Pilwawali Kendari Diagendakan 5 Maret – Kendari Pos
Politik

Tak Dianggarkan APBD, Pilwawali Kendari Diagendakan 5 Maret

Subhan

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah 13 bulan kursi Wakil Wali Kota Kendari kosong, pasca Sulkarnain menjabat sebagai Wali Kota definitif. Proses Pemilihan Wakil Wali (Pilwawali) Kota Kendari terus digodok di DPRD Kendari. Meski tanpa APBD 2020, proses pencarian pasangan Sulkarnain tetap berjalan. DPRD Kendari menggunakan budget rapat rutin untuk Pilwawali, 5 Maret mendatang. Adalah Adi Jaya Putra – Siska Karina Imran, yang menjadi calon Wakil Wali Kota.

Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengatakan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018, DPRD diamanatkan untuk memilih wakil kepala daerah manakala terjadi kekosongan untuk sisa masa jabatan lebih dari 18 bulan. DPRD akan menggelar Pilwawali 5 Maret mendatang, sesuai hasil rapat badan musyawarah (Bamus). Meski begitu, Subhan mengaku masih ada kekurangan jelang Pilwawali mendatang, yakni penganggaran Pilwawali, yang sama sekali tak termuat dalam APBD 2020. Padahal, menurutnya, hajatan sepenting ini, seharusnya dipikirkan oleh Pemkot sehingga bisa masuk dalam pembahasan APBD 2020. “Tidak ada anggaran khusus dalam Pilwawali kali ini,” ujarnya.

Karena sudah menjadi tanggungjawab parlemen, DPRD terpaksa harus menanggung biaya Pilwawali. Demi kepentingan rakyat, apapun DPRD akan lakukan. Pihaknya pun menyiasatinya dengan menggunakan anggaran yang biasa digunakan dalam rapat-rapat rutin.

“Intinya anggaran Pilwawali sama dengan anggaran yang sering digunakan dalam rapat-rapat biasa di DPRD yang memang menjadi tanggung jawab dewan,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Sekretaris DPRD Kendari, Syam Alam menjelaskan pembiayaan Pilwawali sepenuhnya ditanggung oleh DPRD. “Setiap rapat anggota DPRD itu memiliki anggaran, dan itu nanti akan digunakan. Istilahnya disisipkan untuk Pilwawali,” ungkapnya.

Saat ditanya terkait berapa besar anggaran yang dibutuhkan, Syam enggan membeberkannya. Yang jelasnyanya dalam rapat rutin DPRD, sudah termasuk Pilwawali. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy