Tahap II Tender Jalan Kendari-Toronipa : Anggaran Rp 800 M, 54 Perusahaan Dinyatakan Gugur – Kendari Pos
Metro Kendari

Tahap II Tender Jalan Kendari-Toronipa : Anggaran Rp 800 M, 54 Perusahaan Dinyatakan Gugur

KENDARIPOS.CO.ID — Tender proyek pembangunan jalan Kendari-Toronipa telah dimulai. Tahun ini, Pemprov Sultra telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 800 miliar. Agar tak terganggu proses penganggaran, proyek ini telah dilabeli multi year. Pada tahapan II, masa pengerjaannya selama 20 bulan. Sejauh ini, tender mega proyek ini telah masuk evaluasi tahap pertama yakni penawaran administrasi dan teknis. Dari 59 perusahaan yang mendaftar kini tersisa 5 perusahaan.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sultra, Rony Yakob Laute mengatakan proses lelang paket pengerjaan jalan Kendari-Toronipa telah dimulai bulan Januari lalu. Berdasarkan data di SiRUP, pagu anggarannya sebesar Rp 800 miliar dengan pajang jalan yang dikerja 11,1 kilometer. Sesuai jadwal, hasil evaluasi administrasi dan teknis akan diumumkan tanggal 17 Februari. “Selama masa evaluasi, kami akan melakukan klarifikasi terkait administrasi perusahaan dan teknis. Apakah perusahaan memenuhi syarat melaksanaan proyek besar. Termasuk mengetahui jumlah kendaraan dan alat beratnya,” jelas mantan Kabid Sosial Budaya Bappeda Sultra ini.

Lanskap jalan wisata Kendari-Toronipa yang sedang dibangun. Akses jalan ini akan mengkonektivitaskan sejumlah objek pariwisata di Sultra

Bila memungkinkan, tim akan melakukan tinjauan lapangan untuk mensinkronkan data administrasi. Misalnya, mengecek jumlah unit dan kondisi kendaraan dan alat beratnya. Jangan sampai peralatannya memang ada, namun banyak yang rusak. Namun jika belum memungkinan, bisa dilakukan ditahapan evaluasi II atau penawaran harga.

“Jika tak memenuhi standar, perusahaan akan dicoret. Bagi yang lolos, poinnya akan dinilai. Nantinya hasilnya akan dikombinasi dengan hasil evaluasi penawaran harga. Jadi, prosesnya sangat ketat,” tutur mantan Pj Bupati Muna Barat (Mubar) ini. Sesuai tahapan kata mantan Kabag LPSE Sultra ini, tanggal 26 Februari sudah bisa diumumkan pemenangnya. Namun pihaknya tetap menyiapkan masa sanggah. “Kalau tidak ada kendala, tanggal 6 Maret sudah bisa dilakukan penandatangan kontrak. Tapi prosesnya bukan lagi di BPJP namun di OPD terkait. Jadi, posisi BPJB hanya melakukan tender,” jelasnya. (b/rah)

Proyek Jalan Kendari-Toronipa
Tahap Anggaran Panjang Jalan
Pertama Rp 144,9 Miliar 3,4 Km
Kedua Rp 800 Miliar 11,1 Km

Tahapan Lelang
Pengumuman Hasil Evaluasi Teknis 17 Februari
Evaluasi Penawaran Harga 18 Februari
Pembuktian Kualifikasi 21 Februari
Penetapan Pemenang 25 Februari
Pengumuman Pemenang 26 Februari
Masa Sanggah 27 Februari
Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa 5 Maret
Penandatangan Kontrak 6 Maret

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy