Tafdil Prioritaskan Pengentasan Kemiskinan – Kendari Pos
Bombana

Tafdil Prioritaskan Pengentasan Kemiskinan

Husrifna Rahim

KENDARIPOS.CO.ID — Lima aspek pembangunan di Kabupaten Bombana tahun 2020 ini, salah satunya fokus pada pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan. Program tersebut sesuai pedoman pada prioritas pembangunan nasional maupun Provinsi Sulawesi Tenggara yang diselaraskan dengan fokus Pemkab Bombana. Hal tersebut diungkapkan Plt. Kepala Bappeda Pemkab Bombana, Husrifna Rahim.

Ia menjelaskan, Bupati Bombana, H. Tafdil dan seluruh jajarannya sudah melakukan pertemuan untuk menentukan arah pembangunan tahun 2020 ini. “Maka lahirlah arah kebijakan Pembangunan Kabupaten Bombana 2020 yang terdiri dari lima item. Yang pertama pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan terkait dengan ketersediaan prasarana pendidikan, pemberian pelayanan kesehatan hingga pembangunan yang berpihak pada masyarakat miskin. Salah satunya menyediakan infrastruktur dasar,” jelasnya.

Kedua adalah konektivitas dan pemerataan, melalui perbaikan infrastruktur vital bagi kegiatan ekonomi masyarakat, seperti peningkatan kualitas prasarana jalan dan jembatan, kualitas saluran irigasi dan drainase. Serta peningkatan kualitas jalan menghubungkan kecamatan dengan kabupaten dan memastikan jalan yang menghubungkan desa ke kecamatan. “Sedangkan yang ketiga adalah nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja, dengan membangun perekonomian masyarakat secara nyata melalui usaha-usaha pragmatis dengan mendorong pembangunan sektor riil yang mandiri,” paparnya.

Husrifna Rahim melanjutkan, prioritas pembangunan keempat adalah pelayanan publik dan reformasi birokrasi, dengan menciptakan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan masyarakat, pemerintahan transparansi dan akuntabel. “Sedangkan yang terakhir adalah pembangunan budaya dengan memperkokoh identitas, pengembangan kearifan lokal dan jati diri, mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan, serta sumber inspirasi pembangunan. Termasuk mendorong sektor pariwisata yang berorientasi pada pengembangan sumber daya atau potensi lokal,” tutupnya. (c/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy