Staf Ahli Diminta Berinovasi Dukung Pembangunan – Kendari Pos
Metro Kendari

Staf Ahli Diminta Berinovasi Dukung Pembangunan

KENDARIPOS.CO.ID — Jabatan staf ahli kerap dianggap hanya pelengkap. Padahal posisi staf ahli dalam mendukung pembangunan suatu daerah sangat penting. Pasalnya, mereka berada langsung di bawah kepala daerah. Untuk itulah, mereka harus memiliki kemampuan merumuskan isu strategis, menarik dan harus mengikuti perkembangan zaman dan memiliki rekomendasi solusi dalam penyusunannya. “Keberadaan staf ahli itu sangat penting. Lantaran urgen, jadi yang duduk di jabatan itu memang orang-orang pilihan yang memiliki keahlian,” kata Ir Teguh Winarno, Ketua Pengurus Pusat Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) seluruh Indonesia dalam rapat koordinasi di Claro Hotel Kendari, Selasa (18/2).

Tugas staf ahli lanjut Teguh Winarno, memberikan rekomendasi terhadap isu-isu strategis daerah. Mereka dituntut untuk ikut andil dalam setiap kebijakan yang ada. Dengan berkontribusi memberi masukan terkait rekomendasi terkini, metode terkini, rumusan terkini serta substansi terkini. Pj Sekprov Sultra, La Ode Ahmad Pidana Balombo mengatakan, para staf ahli harus memberi kontribusi yang strategis terhadap perkembangan Sultra.

Pj Sekda Sultra, La Ode Ahmad Pidana Balombo (depan, tengah), Ketua Pengurus Pusat Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) seluruh Indonesia, Ir. Teguh winarno (depan, batik hijau) bersama para staf ahli Lingkup Pemprov Sultra dalam kegiatan Rakor staf ahli kepala daerah se Sultra di Claro Hotel Kendari (18/2)

Gagasan dan ide yang ditawarkan harus update serta inovatif.Apalagi keberadaan staf ahli memang untuk membantu kepala daerah. Memberikan masukan dan memberikan saran baik lisan maupun tertulis serta membantu mengkoordinasikan tugas-tugas kepala daerah dengan beberapa stake holder terkait.

“Jadi, mereka harus memberikan kontribusi pemikiran, perumusan kebijakan dan diharapkan muncul inovasi-inovasi baru dari para staf ahli dengan kompetensinya masing-masing. Sehingga akselerasi pelaksanaan urusan-urusan pada masing-masing OPD juga bisa berjalan dengan sangat baik,”jelasnya. Ia berharap rakor ini menjadi ajang sharing pengetahuan, inovasi dan pengalaman. Dengan begitu, ada out put yang bisa didesain atau dirumuskan menjadi kebijakan daerah. Sejauh ini, kinerja staf ahli di Sultra sangat baik. Bahkan selalu memberikan dukungan dan masukan kepada arah kebijakan pimpinan. “Saya kira, kita bisa saling belajar. Sultra bisa mengadopsi kebijakan yang dianggap mampu diterapkan, begitupun sebaliknya,” pungkasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy