Soal Dugaan Peredaran Narkoba di Lapas, Dewan Minta Kalapas Dievaluasi – Kendari Pos
Metro Kendari

Soal Dugaan Peredaran Narkoba di Lapas, Dewan Minta Kalapas Dievaluasi

KENDARIPOS.CO.ID — Penangkapan dan pengungkapan kasus peredaran narkoba di Sultra, diketahui banyak dikontrol dari jaringan lembaga pemasyarakatan (Lapas). Mengetahui, peredaran narkoba banyak dikontrol melalui Lapas, DPRD pun merasa miris. Untuk mengetahui kebenarannya, DPRD Sultra pun berniat untuk mengundang pihak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM guna melakukan klarifikasi.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Garda Muda Haluoleo (GMH) melakukan aksi demonstrasi di Lapas Kelas II Kendari, Senin (24/2)

Anggota Komisi IV DPRD Sultra, Sudarmanto Saeka mengaku sangat prihatin banyak kasus narkoba di Sultra, justru dikendalikan dari balik jeruji besi. “Lapas yang notabenenya merupakan tempat bagi pelanggar hukum mendapatkan binaan, namun seolah menjadi tempat strategis untuk menjalankan rencana kejahatan. Ini harus dijelaskan kenapa bisa terjadi,” ungkap Sudarmanto saat ditemui di Kantor DPRD Sultra, di Kendari, kemarin.

Politisi NasDem ini mengungkapkan Kepala Lapas harus dievaluasi, seperti apa pengawasan terhadap narapidana binaannya. “Kenapa, saat ditangkap semua mengaku diperintahkan dari Lapas. Itu barang orang yang berada di dalam Lapas. Bagaimana bisa seperti itu. Apa disengaja atau memang tidak diketahui oleh Lapas. Karena, untuk mendapatkan barang, mengontrol sampai melakukan peredaran pasti ada sebuah komunikasi yang terjadi. Ini pertanyaan besar,” tuturnya.

Sementara itu, Plh Kalapas kelas II A Kendari, Al Jamin menegaskan akan memperketat pengawasan. Selama ini, pihaknya selalu bekerjasama dengan kepolisian dan BNN untuk menindak pelaku penyalahgunaan narkoba, terlebih petugas lapas.

“Kami tidak pernah menyembunyikan bandar atau siapa didalam Lapas. Pengawasan juga kami selalu ketat . Kemudian kami sering bekerjasama dengan Polisi serta BNN Jika adanya Pengendali Narkoba di Lapas,” tegasnya.

Kemarin (Senin;red), puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Garda Muda Haluoleo (GMH) melakukan aksi demonstrasi di Lapas Kendari. Mereka ramai-ramai mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas II A Kendari, Sulawesi Tenggara, untuk mempertanyakan pengawasan di Lapas Kendari.

GMH yang dikoordinir oleh Kordinator Lapangan, Ahmad Zainul mendesak Kementerian hukum dan Ham untuk menindak oknum yang masih melakukan peredaran dibalik Jeruji. Katanya, Lapas sebagai tempat pembinaan bukan sebagai tempat mengembangkan bisnis Narkoba. Ahmad Zainul meminta, Pihak Lapas untuk memperkuat pengamanan dan pengawasan didalam Lapas Kendari.

“Tuntutan kami mendesak Kemenkumham untuk memperketat pengawasan agar tidak ada peredaran di Lapas Kendari,”ujar dia dalam orasinya. (b/ade/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy