SMAN 5 Kendari Siap USP Berbasis Android – Kendari Pos
Edukasi

SMAN 5 Kendari Siap USP Berbasis Android

Guru SMAN 5 Kendari saat mengikuti IHT, sebagai persiapan melaksanakan USP berbasis android.

KENDARIPOS.CO.ID — SMAN 5 Kendari telah siap melaksanakan Ujian Satuan Pendidikan (USP) berbasis android. Pasalnya, seluruh guru telah mengikuti In House Training (IHT) Penyusunan Perangkat Soal Ujian Satuan Pendidikan (USP) dan Pemanfaatan Google Forms untuk Ujian Berbasis Android, selama dua hari, pada 15 dan 16 Februari lalu. Tujuan pelatihan tersebut, agar dapat merakit sendiri perangkat soal dalam menghadapi Ujian Satuan Pendidikan tahun pelajaran 2019/2020.

Kepala SMA 5 Kendari, Andi Nurdin mengatakan, pihanya berupaya menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra nomor 421.5/446/DPK tanggal 28 Januari 2020 tentang pelaksanaan USP dan UN tahun 2020. Dalam surat itu, kepala dinas kembali mempertegas kebijakan pemerintah pusat tentang pelaksanaan ujian satuan pendidikan yang persiapan dan pelaksanaannya diselenggarakan sendiri oleh masing- masing sekolah.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan hanya mengeluarkan jadwal pelaksanaan USP, sementara itu POS pelaksanaan USP diserahkan ke sekolah masing-masing. “Menindaklanjuti kebijakan tersebut, sebagai persiapan pelaksanaan USP di SMAN 5 Kendari telah melaksanakan IHT penyusunan perangkat soal pada tanggal 15 Februari 2020, dilanjutkan dengan IHT pemanfaatan Google Forms sebagai moda USP berbasis android pada tanggal 16 Februari 2020,” terangnya.

Ia berharap, setelah mengikuti IHT tersebut, guru-guru mata pelajaran dapat belajar dan mengembangan sendiri perangkat soalnya, sehingga dihasilkan praktik-praktik baik sehingga dapat meningkatkan profesionalisme sebagai seorang guru. “Nah, kemajuan teknologi merupakan suatu tantangan yang harus disikapi dan diikuti oleh guru yang profesional. Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi saat ini menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang guru, karena yang dihadapi adalah peserta didik yang lahir di abad 21 yang sudah melek dengan teknologi informasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, agar nantinya pemanfaatan google forms dapat dikembangkan pada pelaksanaan ulangan harian dan ujian semester, tidak terbatas hanya pada pelaksanaan USP. “Ya, USP tahun 2020 di SMA Negeri 5 Kendari direncanakan akan memanfaatkan fasilitas google forms, sehingga pelaksanaan USP akan bermoda daring dan berbasis android. Hal tersebut mengacu pada hasil pelaksanaan tes uji coba (try out) pada tanggal 23 sampai 24 Januari 2020 di SMAN 5 Kendari yang berjalan dengan sukses dengan moda daring berbasis android,” pungkasnya. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy