Siswa MAN IC Kendari Ikuti Simulasi Debat Internasional di Malaysia : Dihadiri 109 Negara – Kendari Pos
Edukasi

Siswa MAN IC Kendari Ikuti Simulasi Debat Internasional di Malaysia : Dihadiri 109 Negara

Kakanwil Sultra berpoto bersama tiga siswa MAN IC Kendari yang akan mengikuti kegiatan AYIMUN di Kuala Lumpur, Malaysia, tanggal 15 hingga 18 Februari 2020 mendatang.

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga siswa MAN Insan Cendekia (IC) Kota Kendari lolos menjadi peserta Asia Youth Model United Nation (AYIMUN 2019), dari 1.035 siswa di 109 negara yang mendaftar. Kegiatan itu diadakan pada 15 sampai 18 Februari 2020 di Putrajaya Kuala Lumpur Malaysia. Tiga siswa tersebut yaitu Nindya Nur Amalyah, Karisma Nurul Izzah Suharyono, dan Arkam Susilo.

Kepala MAN IC Kendari, Abdul Basit menuturkan, AYIMUN bertujuan untuk mengakomodasi para pemuda Asia, untuk meningkatkan kemampuan diplomasi mereka. “Model United Nations atau MUN ini adalah pendidikan simulasi dan kegiatan akademik dimana siswa dapat belajar tentang diplomasi, Hubungan Internasional, dan PBB. Model UN mengajarkan siswa untuk dapat meneliti, berbicara di depan umum, negosiasi, menulis, dan menyusun dokumen,” terangnya.

Selain itu, Model UN melibatkan siswa untuk berpikir kritis, kerja sama tim, dan kepemimpinan kemampuan. “Mereka akan ditempatkan di komite dan ditugaskan negara, organisasi lain, atau tokoh-tokoh politik, dimana mereka merupakan anggota dari tubuh itu. Mereka disajikan dengan tugas, dan melakukan penelitian sebelum konferensi, merumuskan posisi, lalu mereka berdebat dengan sesama delegasi,” terangnya.

Pada akhir konferensi, delegasi yang terbaik dari masing-masing komite, akan menerima pengakuan dan diberikan penghargaan. “Peserta MUN terdiri dari siswa SMA, Sekolah Tinggi, dan Perguruan Tinggi atau Universitas. Nah, AYIMUN ini akan menyajikan permasalahan terbaru untuk tiap topik area yang didiskusikan di tiap komite,” ujarnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy