Siska dan Adi JP Optimistis Terpilih Wawali Kendari, Pengamat : Fraksi “DKI” Bisa Jadi Penentu – Kendari Pos
Politik

Siska dan Adi JP Optimistis Terpilih Wawali Kendari, Pengamat : Fraksi “DKI” Bisa Jadi Penentu

KENDARIPOS.CO.ID — Aroma kompetisi memperebutkan kursi Wakil Wali (Wawali) Kota Kendari kian kencang berhembus. Dua calon Wawali, dr.Siska Karina Imran dan Adi Jaya Putra (JP) resmi mendaftar di Panitia Pilwawali. Keduanya hadir di waktu berbeda di gedung DPRD Kendari, Senin (17/2).

Selain mengandalkan dukungan partai masing-masing, kedua calon Wawali butuh dukungan parpol pemilik kursi di DPRD.
Fraksi Demokrasi Kebangkitan Indonesia (DKI) merupakan partai pemilik kursi paling sedikit di DPRD. Mereka adalah Partai Demokrat (2 kursi), Partai Perindo (2 kursi) dan PKB (1 kursi).

Meski jumlahnya sedikit, dukungan dari partai yang bernaung dalam fraksi DKI diyakini sangat memengaruhi perolehan suara Siska Karina Imran dan Adi JP pada Pilwawali Kendari, 5 Maret mendatang.

Pengamat politik Sultra, Dr.Muh.Najib Husain berpendapat posisi Siska Karina Imran dan Adi Jaya Putra sama kuatnya. Jika berdasarkan hitung-hitungan suara, kata Najib, keduanya punya dasar kokoh. Misalnya Siska yang didukung PAN (5 suara) dan Gerindra (4 suara), sedangkan Adi Jaya Putra didukung PKS (7 suara) dan Golkar (5 suara).

“Nantinya mereka akan berebut 14 suara yang tersisa. Nah, 14 suara ini yang terbagi-bagi dalam beberapa fraksi yang ada di parlemen. Seperti PDIP 5 suara, Nasdem 4 suara, Perindo 2 suara dan PKB 1 suara. Nah, bisa jadi ada satu suara penentu dan suara penentu itu bisa jadi adalah PKB (Fraksi DKI),” analisis Dr. Najib Husain, kemarin.

Sementara itu, salah satu perwakilan fraksi DKI DPRD Kendari, Ilham Hamra mengaku saat ini belum menentukan sikap atau arah dukungannya. Selain masih menunggu keputusan DPP, Ilham juga masih menunggu saat sesi visi misi calon Wawali. “Meski masih tunggu arahan DPP, kami dari fraksi DKI sepakat untuk satu pilihan,” ujar anggota Fraksi Demokrat itu.

Ilham yakin, apa yang diputuskan DPP nantinya akan sama dengan apa yang telah dirembukan bersama diinternal DKI. “Kita optimistis bisa satu suara. Dengan perolehan suara yang sedikit, tentunya DPP menunggu informasi dari kami kader di daerah. Jadi kami optimistis pilihannya sama,” tegasnya.

Meski begitu, Ilham berharap siapapun yang terpilih nantinya, selain bisa mendampingi Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dalam menjalankan roda pemerintahan, juga bisa berkoordinasi dengan legislatif. “Dia (cawawali) harus memahami
kami di legislatif. Supaya nanti kita bisa jalan beriringan. Jangan berseberangan. Saya berharap para calon ini bisa belajar dari Wali Kota saat ini soal komunikasinya dengan kami.

Oleh karena itu, sebelum kami memilih, kami mau lihat dulu visi misinya dalam rapat paripurna 5 Maret nanti,” tandas Ilham Hamra.

Senin kemarin, dr.Siska Karina Imran dan Adi Jaya Putra mendaftar di panitia. dr.Siska Karina Imran terlihat turun dari Jeep Wrangler Rubiconbernopol B 22 ADP sekira pukul 09.48 Wita. Dia tak sendiri. Elit PAN Sultra, Sukarman AK, Sekretaris Partai Gerindra Sultra, Safarullah, Ketua DPC PAN Kendari, Azrizal Pratama Putra dan Wahyu Ade Pratama (saudara kandung) turut mendampingi dr.Siska Karina Imran.

Di lokasi pendafaran, dr.Siska disambut Wakil Ketua Panitia Pilwawali Kendari, Inarto. Tidak butuh waktu lama, Inarto langsung mengesahkan berkas pendaftaran dr.Siska. “Surat Keputusan (SK) dukungan parpol yang ditanda tangani ketua dan sekretaris parpol terverifikasi serta berkas visi misi terverivikasi. Berkasnya sudah kami terima untuk diteliti,” kata Inarto.

Calon Wawali Kendari, dr.Siska Karina Imran mengaku bersyukur sudah bisa melalui satu tahapan Pilwawali ini. Ia optimistis bisa memenangkan Pilwawali Kendari 5 Maret nanti di DPRD Kendari. “Saya minta dukungan masyarakat dan parpol pengusung saya. Insya Allah, ke depan saya bisa mendampingi Wali Kota Kendari menjalankan roda pemerintahan,” tuturnya.

Tiga jam berselang atau sekira pukul 13.00 Wita, Aksan Jaya Putra menyusul menyerahkan berkas pendaftaran. Sama seperti dr.Siska, pria yang akrab disapa Adi JP itu didampingi perwakilan parpol pengusungnya yakni Sekretaris PKS Kendari, Ade Muhammad Satelit Manata, Bendahara PKS Lugisman dan saudara kandungnya Aksan Jaya Putra yang tidak lain adalah kader Golkar dan anggota DPRD Sultra.

Adi Jaya Putra disambut Wakil Ketua Panitia Pilwawali, Inarto. “Semua terverifikasi. Mulai dari SK parpol pengusung yang ditanda tangani ketua dan sekretaris partai, lampiran visi misi. Semua lengkap,” kata Inarto.

Pada kesempatan itu, Sekretaris PKS Kendari, Ade Muhammad Satelit Manata mengaku akan menyiapkan segala persyaratan yang ditetapkan panitia. “Kami akan siapkan apa yang dibutuhkan panitia. Utamanya proses yang saat ini sedang berlangsung (pengumpulan berkas calon),” ujarnya.

Calon Wawali Kendari, Adi Jaya Putra optimistis dapat memenangkan Pilwawali. Itu tak lepas dari lobi-lobi politik yang sudah dibangunnya kepada para pemilik suara di DPRD Kendari. “Saya optimistis bisa menang Pilwawali ini. Siapapun yang terpilih, berarti itulah yang terbaik,” ujarnya.

Untuk diketahui, dr.Siska Karina Imran dan Adi Jaya Putra akan berebut 35 suara di DPRD Kendari. Saat ini Siska sudah mengamankan 5 suara PAN (sesuai jumlah kursi parpol pendukung), sedangkan rivalnya, Adi Jaya Putra sudah memiliki 7 suara dari PKS. Itu artinya masih ada 23 suara lagi yang akan diperebutkan dua calon tersebut. (ags/a)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy