SIC Bangun Taman Baca untuk Anak Pesisir di Konsel – Kendari Pos
Edukasi

SIC Bangun Taman Baca untuk Anak Pesisir di Konsel

TBM Rumah Panre Dilao’ artinya rumah pintar di laut. Kehadiran taman baca ini
diharapkan dapat membantu anak-anak pesisir menjadi generasi cerdas, sehingga bisa
meningkatkan kesejahteraan keluarga.

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu komunitas kerelawanan yang bergerak di bidang pendidikan dan kepemudaan, Sultra Island Care (SIC), sukses membangun Taman Baca Masyarakat (TBM), di Desa Wawatu, tepatnya di Pesisir Konawe Selatan (Konsel). TBM tersebut diberi nama Rumah Panre Dilao’ artinya rumah pintar di laut, dengan harapan anak-anak disana bisa menjadi generasi cerdas, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Ketua SIC, Sarmawan Muin mengatakan, taman baca tersebut bisa sampai mereka dirikan itu atas bantuan dari DSSP Power yang beroperasi di Moramo, yang membantu pembiayaan. Sedangkan pembangunannya dilakukan bersama warga dan relawan. “Kami bertindak sebagai katalis, mediator, juga sebagai penggerak, supaya disana ada taman baca, dan nantinya masyarakat sekitar yang menjalankannya secara mandiri, demi anak-anak mereka sendiri,” ungkapnya.

Lanjut Sarmawan, saat ini mereka sedang mengumpulkan donasi buku dari masyarakat, komunitas dan instansi terkait, untuk mengisi taman baca tersebut. “Nah, buku yang dicari itu buku bacaan anak-anak, seperti dongeng dan buku lancar membaca. Setiap minggu pagi, kami dari SIC datang untuk mengajar anak-anak di Wawatu secara sukarela. Kami hanya melakukan aksi nyata, membantu pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa,” tutur pria yang akrab disapa Kak Mawan.

Dia bersyukur, sebab warga juga antusias dalam membangun taman baca tersebut. “Iya, dukungan warga sangat baik, karena awal dibangun itu mereka turut membantu. Nah, untuk pengelolaannya nanti juga akan dibantu warga dan pihak DSSP. Taman bacanya dibuka setiap hari, tapi untuk pembelajarannya itu setiap minggu, ada mrelawan SIC yang membantu mengajar adik-adik,” tandasnya. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy