Sensus Penduduk Secara Online, Wali Kota Ajak Warga Proaktif – Kendari Pos
Metro Kendari

Sensus Penduduk Secara Online, Wali Kota Ajak Warga Proaktif

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengajak masyarakat mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk (SP) tahun 2020. Ia mengimbau masyarakat untuk proaktif secara mandiri dalam SP online. Masyarakat tinggal mengisi data dalam website yang disediakan Badan Pusat Statistik (BPS). Pendataan SP secara online telah dimulai tanggal 15 Februari. Sesuai jadwal, pelaksanaannya berlangsung hingga tanggal 31 Maret mendatang. Sementara SP melalui sistem wawancara baru akan dilaksanakan tanggal 1-31 Juli 2020. “SP bisa lebih optimal bila semua pihak proaktif,” ujar Sulkarnain.

Untuk memaksimalkan pendataan, orang nomor satu di Kendari ini telah menginstruksikan jajarannya di tingkat kecamatan, keluarahn hingga RT/RW terlibat aktif. Tidak hanya menyosialisasikan, namun membantu pelaksanaan SP. Dengan begitu, data yang diperoleh lebih akurat.
“Kita harus dukung. Sebab data yang dihasilkan akan menjadi rujukan pemerintah dalam pengambilan keputusan atau kebijakan,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kanan) mengisi data diri dan keluarga. Ia meminta warga proaktif dalam pelaksanaan sensus penduduk secara online.

Kepala BPS Kota Kendari, Martini mengatakan, SP online merupakan hal yang pertama kali diterapkan di Indonesia. Warga bisa mengisi data berupa Kartu Keluarga, KTP, Akta Nikah (jika sudah menikah), dan Akta Cerai (bagi yang sudah cerai) dengan cara mengakses website BPS. “SP menggunakan metode kombinasi dengan memanfaatkan data Dukcapil sebagai data dasar (prelist),” tutupnya. (c/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy