Sensus Penduduk 2020, Surunuddin Ajak Masyarakat Wujudkan Satu Data – Kendari Pos
Konawe Selatan

Sensus Penduduk 2020, Surunuddin Ajak Masyarakat Wujudkan Satu Data

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (kanan) saat mengikuti pendaftaran SP online. Ia meminta masyarakat berpartisipasi aktif dalam agenda nasional tersebut, sekaligus mewujudkan Konsel Satu Data Kependudukan Indonesia Maju.

KENDARIPOS.CO.ID — Sensus Penduduk (SP) serentak secara online yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) resmi dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang. Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) turun ambil bagian dalam mensukseskan program nasional itu. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, mengungkapkan, dalam mewujudkan otoritanya yang berbasis satu data kependudukan, ia meminta seluruh masyarakat menyukseskan SP online itu.

“Saya berharap program ini dapat berjalan dengan lancar. Karena ini sejalan dengan harapan Pemkab untuk mewujudkan Konsel Satu Data Kependudukan Indonesia Maju,” ungkapnya, kemarin. Mantan ketua DPRD Konsel itu mengatakan, program tersebut juga untuk menambah literasi akan penggunaan teknologi informasi yang lebih baik. “Sebagai pejabat publik harus memberi contoh bahwa ia telah turut serta menyukseskan program dengan mengisi sensus tersebut,” sambungnya.

Surunuddin memerintahkan seluruh pimpinan OPD, Camat hingga Pemerintah Desa untuk berkomitmen bersama menyukseskan kegiatan tersebut dengan menginformasikan ke masyarakat agar berpartisipasi. Sementara itu Ketua BPS Konsel, Muh. Amin, mengatakan, SP 2020 terdiri dari tiga tahapan pengumpulan data. Pertama, secara online pada 15 Februari-31 Maret 2020. “Kedua, SP wawancara mulai tanggal 1 Juli-31 Juli dan terakhir pencacahan sampel di bulan Juli 2021 yang sensusnya dapat dilakukan kapan saja secara mandiri selama periode pelaksanaan SP online,” jelasnya.

Untuk diketahui, adapun beberapa berkas yang harus disiapkan sebelum melakukan pengisian. Mulai dari KTP, KK, Buku Nikah (jika sudah menikah), Surat Cerai (jika bercerai) dan Akta Kelahiran.

Di Kolaka Timur (Koltim), kegiatan serupa juga dilakukan pihak BPS setempat. Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah telah mengisi data penduduk melalui laman sensus.bps.go.id. Ia memerintahkan seluruh jajaran aparatur pemerintahannya mendukung sensus penduduk tersebut. “ASN dan masyarakat, mari kita sama-sama menyukseskan sensus penduduk online dan berpartisipasi dalam kegiatan di lapangan,” ajak Tony Herbiansyah, Rabu (19/2).

Tony berpendapat, sensus penduduk 2020 sebagai jembatan menuju satu data kependudukan Indonesia. Plt. Kepala BPS Koltim, Suriyanti Toar, berharap semua pejabat daerah lingkup Pemkab Koltim dan Ketua DPRD turut mengimbau masyarakat mengikuti sensus online. (b/kam/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy